Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi dalam Konteks E-Learning dan Rekomendasi Perbaikan Proses Menggunakan COBIT versi 5: Studi Kasus Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP) Universitas Indonesia = Evaluation of IT Governance in Contexts e-Learning and Process Improvement Recommendations Using COBIT Version 5: A Case Study of Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP) Universitas Indonesia
Erning Kumala Dewi;
Betty Purwandari, supervisor; Harry Budi Santoso, supervisor; Sensuse, Dana Indra, examiner; Achmad Nizar Hidayanto, examiner
([Publisher not identified]
, 2019)
|
ABSTRAKKeberadaan internet telah memungkinkan proses belajar mengajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dalam hal penggunaan internet untuk proses belajar mengajar ini, dikenal adanya istilah e-Learning, online learning dan distance learning. Sehubungan dengan teknologi informasi dan e-Learning, tata kelola juga diperlukan untuk membantu memastikan keberhasilan upaya dalam menerapkan e-Learning. Karya akhir ini menggunakan kerangka kerja COBIT 5 untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola TI terkait e-Learning saat ini di Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP) UI serta membuat sejumlah rekomendasi guna memperbaiki tingkat kapabilitas. Pengukuran dilakukan menggunakan Process Assesment Model (PAM) dimana hasil pengukuran tingkat kapabilitas KSDP UI saat ini berada di tingkat tiga, yang berarti menunjukkan KSDP UI sudah melakukan dengan cukup baik pengelolaan e-Learning dan PJJ nya. Terdapat 11 proses COBIT 5 yang menjadi prioritas perbaikan yang ditentukan dengan memetakan permasalahan (pain points) dan proses COBIT 5 dengan rencana pengembangan penyelenggaraan e-Learning KSDP UI. Hasil pengukuran menunjukkan 10 proses pada tingkat 3 (Established) dan 1 proses pada tingkat 4 (Predictable). ABSTRACTThe existence of the internet has enabled the teaching and learning process to be carried out anytime and anywhere. In terms of the use of the internet for this teaching and learning process, there are known terms of e-Learning, online learning and distance learning. In relation to Information Technology and e-Learning, governance is also needed to help ensure the success of efforts in implementing e-Learning. This final project uses the COBIT 5 framework to measure the current level of IT governance related to e-Learning capabilities at the Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP) University of Indonesia (UI) and make a number of recommendations to improve the level of capability. The measurement is done using the Process Assessment Model (PAM) where the measurement of the capability level of KSDP UI is currently at the third level, which means that KSDP UI has done quite well the management of e-Learning and its PJJ. There are 11 COBIT 5 processes become priorities that are determined by mapping the problems (pain points) and the COBIT 5 process with plans to develop e-Learning at KSDP UI. The measurement results show 10 processes at level 3 (Established) and 1 process at level 4 (Predictable). |
TA-Erning Kumala Dewi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | TA-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 204 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-Pdf | 16-21-733357139 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20496671 |