:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Model peran antar kelembagaan desa dalam penyediaan air baku melalui paradigma kepedulian air (studi kasus desa bendungan, kecamatan Ciawi, kabupaten Bogor)

Agus Susanto, M. Yanuar Joko Purwanto, Bambang Pramudya, Etty Riani (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2018)

 Abstrak

Berdasarkan analisis neraca air dan ketercukupan air temporal DAS Ciliwung Hulu menunjukkan bahwa Sub DAS Ciseusupan termasuk ke dalam kategori kurang cukup air dalam penyediaan air baku. Dari delapan desa yang ada di Sub DAS tersebut, Desa Bendungan merupakan salah satu desa yang ketercukupan airnya termasuk dalam kategori tidak cukup, sebab dalam penyediaan airnya masih mengandalkan alam, seperti sungai, air tanah melalui sumur, mata air, dan lain lain. Penelitian ini menjelaskan solusi ketidakcukupan di tingkat desa, dimana salah satunya adalah dengan analisis peran antar kelembagaan melalui paradigma kepedulian air. Metode yang digunakan adalam ISM (Interpretative Structural Model), yang menekankan pada empat elemen yang berhubungan dengan penyediaan air baku, yaitu (1) kebutuhan program, (2) kendala utama, (3) tujuan program, dan (4) lembaga yang terkait dengan program. Oleh karena itu, diperlukan ahli penyediaan air mandiri, yang melibatkan berbagai pihak.

 Metadata

No. Panggil : 600 JMSTUT 19:2 (2018)
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14111934
Majalah/Jurnal : Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi
Volume : Vol. 19, No. 2, September 2018: Hal. 89-105
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
600 JMSTUT 19:2 (2018) 03-19-926888894 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497424