:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh metode problem based learning terhadap motivasi, kesiapan dan hasil belajar

Dina Martha Fitri, Srihartati P Pandi (LPPM Universitas Terbuka, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (quasi eksperimental design) dengan rancangan "One Group Pretest-Posttes Design". Jumlah populasi 70 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 18 responden. Teknik pengambilan sample dengan Non probability Sampling jenis purposive sampling. Hasil pengolahan data uji Wilcoxon Matched Pair menyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai p-value dari masing-masing variabel yaitu motivasi belajar p =0,000, kesiapan belajar p = 0,001 dan hasil belajar p = 0,001. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh signifikan penggunaan metode problem based learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil. Dengan demikian metode problem based learning ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya menghasilkan pembelajaran yang efektif.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPE 19:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14111942
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan
Volume : Vol. 19, No. 1, Maret 2018: Hal. 12-20
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/622
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPE 19:1 (2018) 03-19-188651360 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497639