Pengaruh metode problem based learning terhadap motivasi, kesiapan dan hasil belajar
Dina Martha Fitri, Srihartati P Pandi (LPPM Universitas Terbuka, 2018)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (quasi eksperimental design) dengan rancangan "One Group Pretest-Posttes Design". Jumlah populasi 70 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 18 responden. Teknik pengambilan sample dengan Non probability Sampling jenis purposive sampling. Hasil pengolahan data uji Wilcoxon Matched Pair menyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai p-value dari masing-masing variabel yaitu motivasi belajar p =0,000, kesiapan belajar p = 0,001 dan hasil belajar p = 0,001. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh signifikan penggunaan metode problem based learning (PBL) terhadap motivasi, kesiapan dan hasil. Dengan demikian metode problem based learning ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya menghasilkan pembelajaran yang efektif. |
No. Panggil : | 370 JPE 19:1 (2018) |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Penerbitan : | Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 14111942 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Pendidikan |
Volume : | Vol. 19, No. 1, Maret 2018: Hal. 12-20 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/622 |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
370 JPE 19:1 (2018) | 03-19-188651360 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497639 |