:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Studi kasus persepsi dan komitmen guru terhadap akreditasi sekolah XYZ di Depok, Jawa Barat

Vallyrina Trysia (LPPM Universitas Terbuka, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Akreditasi sekolah dari pemerintah merupakan evaluasi yang harus dilalui tiap satuan pendidikan di Indonesia berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Akreditasi sekolah ini bukanlah sekedar persyaratan yang harus dipenuhi tanpa tujuan, tetapi merupakan suatu upaya meningkatkan kualitas sekolah. Di sisi lain, banyaknya dokumen administratif yang harus dilengkapi sekolah untuk akreditasi ditambah banyaknya load kerja guru mengakibatkan guru memandang akreditasi sekolah hanya sebagai beban pekerjaan tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi dan komitmen guru, terhadap akreditasi Sekolah XYZ di Depok, Jawa Barat beserta kendala yang dialami selama akreditasi. Hal ini menjadi fokus penelitian dikarenakan persepsi dan komitmen guru menjadi kunci yang sangat penting bagi pihak Sekolah XYZ untuk mewujudkan proses akreditasi yang lancar dengan hasil yang memuaskan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada 2 orang kepala sekolah dan 12 orang guru Sekolah XYZ yang didukung dengan kuesioner. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap akreditasi sekolah termasuk cukup baik, tetapi dan komitmen guru tergolong sedang. Sedangkan kendala yang dialami guru dalam akreditasi juga dinilai sedang.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPE 19:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14111942
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan
Volume : Vol. 19, No. 1, Maret 2018: Hal. 31-42
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/700
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPE 19:1 (2018) 03-19-689954376 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497642