:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerapan pendekatan creative problem solving (CPS) pada konsep gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Neng Widiya Puspitasari (LPPM Universitas Terbuka, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan Creative problem solving (CPS) pada pembelajaran konsep Gaya dikelas IV dengan jumlah 40 orang siswapada prembelajaran IPA di SDN Kalibuntu Kecamatan Baros Kabupaten Serang. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Gaya melalui penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta pemecahan masalah melalui brainstorming (urun pendapat) melalui proses berpikir divergen dan konvergen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menerapkan pembelajaran reflektif atau data awal siswa yang tuntas hanya 12,25% (5 orang). Setelah diterapkannya pendekatan creative problem solving (CPS) dalam pembelajaran IPA pada konsep gaya, pada siklus pertama siswa yang tuntas sebesar 52,50% (21 orang), sehingga ada peningkatan dari data awal dengan presentase sebesar 40,25%. Pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas dengan presentase sebesar 77,50% (31 orang), dan mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 47,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kalibuntu, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPE 19:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14111942
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan
Volume : Vol. 19, No. 1, Maret 2018: Hal. 53-67
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/670
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPE 19:1 (2018) 03-19-735619733 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497645