:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Performance calculation software purchase in Indonesian airlines = Pembelian software performance calculation airline di Indonesia

Novriyansyah Karnainta; Rofikoh Rokhim, supervisor; Maria Ulpah, examiner; Lubis, Arief Wibisono, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

The purpose of this study was to analyze procedures for EFB use in airlines in Indonesia and the benefits obtained from the use of the EFB. It is an electronic device inside the cockpit of an aircraft used by pilots to carry out analysis and technical calculations during flight. Performance calculation is a process of aircraft technical calculation to determine the limits of each flight from takeoff to landing. For airlines in Indonesia, EFB is still an aircraft technology that is not too familiar, both from the airline side and the government as a regulator. However, there are already many in this country that run this program.
The method used to analyze the use of EFB is to conduct a survey of the pilots who have run this program, both before implementation and after the program is running. In addition, other benefits such as the efficiency value obtained from this program will be seen and compared to before the program was implemented.
In the first part of the paper, the concept of efficiency is determined and requirements of flight operations planning procedures are investigated with literature review. In the second part, electronic flight bag is defined with the properties, types, services, and usage conditions. In the last part, the efficiency of EFB usage is estimated with the data which is collected by survey method and descriptive analysis. The efficiency produced from EFB use is also taken into account. The research was completed with Garuda Indonesia as an airlines companies in Indonesia. In this research, it will be seen how the use of EFB software can provide benefits from the operational and efficiency aspects that are produced.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prosedur penggunaan EFB pada maskapai penerbangan di Indonesia dan manfaat yang diperoleh dari penggunaan EFB tersebut. Ini adalah perangkat elektronik di dalam kokpit pesawat yang digunakan oleh pilot untuk melakukan analisis dan perhitungan teknis selama penerbangan. Perhitungan kinerja merupakan proses perhitungan teknis pesawat untuk menentukan batasan setiap penerbangan dari lepas landas hingga mendarat. Bagi maskapai di Indonesia, EFB masih merupakan teknologi pesawat yang belum terlalu familiar, baik dari pihak maskapai maupun pemerintah sebagai regulator. Namun, di negara ini sudah banyak yang menjalankan program ini.
Metode yang digunakan untuk menganalisis pemanfaatan TKKS adalah dengan melakukan survei terhadap para percontohan yang telah menjalankan program ini, baik sebelum pelaksanaan maupun setelah program berjalan. Selain itu, manfaat lain seperti nilai efisiensi yang diperoleh dari program ini akan dilihat dan dibandingkan dengan sebelum program dilaksanakan.
Pada bagian pertama makalah ini, konsep efisiensi ditentukan dan persyaratan prosedur perencanaan operasi penerbangan diselidiki dengan tinjauan pustaka. Pada bagian kedua, tas penerbangan elektronik didefinisikan dengan properti, jenis, layanan, dan kondisi penggunaan. Pada bagian terakhir, efisiensi penggunaan TKKS diperkirakan dengan data yang dikumpulkan dengan metode survei dan analisis deskriptif. Efisiensi yang dihasilkan dari penggunaan EFB juga diperhitungkan. Penelitian ini diselesaikan dengan Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana penggunaan software EFB dapat memberikan manfaat dari aspek operasional dan efisiensi yang dihasilkan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Novriyansyah Karnainta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 58 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-95987895 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20498930