User generated content sebagai strategi pemasaran sosial media film "Gundala" = User generated content as social marketing media strategy of movie "GUNDALA"
Alifia Zulfanya Setiawan;
Nissa Cita Adinia, supervisor
([Publisher not identified]
, 2019)
|
ABSTRAK Beberapa tahun belakangan, industri perfilman Indonesia sudah semakin berkembang, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Mengetahui bahwa sebuah perencanaan pemasaran dan distribusi sama pentingnya dengantahap produksi, munculnya Web 2.0 menambah unsur baru terhadap sebuah promosi film. User generated content(UGC) dapat digunakan sebagai strategi untuk mempromosikan sebuah film. Masyarakat dapat menjadi medium untuk mempromosikan film itu sendiri dengan konten-konten yang mereka ciptakan melalui sosial media. Parapegiat sineas Indonesia yang mengupayakan strategi UGC adalah Bumilangit dan tim yang terlibat dalam melakukan promosi film terbarunya Gundala yang tayang serentak pada bulan Agustus 2019. BumiLangitmenggunakan strategi untuk mempromosikan film Gundala dengan memanfaatkan UGC untuk menciptakan budaya partisipatif. Budaya tersebut merupakan hal yang masih tergolong asing dilakukan dalam promosiperfilman Indonesia. penelitian ini akan membahas bagaimana UGC dapat menjadi salah satu strategi pemasarandalam sebuah promosi film melalui sosial media. Melakukan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode desk research. penelitian ini akan membahas bagaimana UGC dapat menjadi salah satustrategi pemasaran dalam sebuah promosi film Gundala melalui media sosial ABSTRACT Over the years, the Indonesian film industry has grown, both in terms of quality and quantity. Knowing thatmarketing and distribution planning is as important as film production, questioning Web 2.0 adds nothing new toa promotional film. User-generated content (UGC) can be used as a strategy for the distribution of a film. Thepublic can become a media to promote the film itself with the content they make through social media. Indonesianfilmmakers who are pursuing the UGC strategy are Bumilangit and the team involved in promoting the film"Gundala" which aired simultaneously in August 2019. BumiLangit uses strategies to promote the Gundala filmby utilizing the UGC to create a participatory culture. This culture is something that is still considered foreign inthe promotion of Indonesian cinema. This research will discuss how UGC can become one of the marketingstrategies in a promotional film through social media. Conducting descriptive qualitative research using deskresearch methods. This research will discuss how UGC can become one of the marketing strategies in the Gundalapromotional film through social media |
![]()
|
No. Panggil : | MK-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 24 pages |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-Pdf | 10-20-452732773 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499236 |