Peningkatan kapasitas terminal berbasis perencanaan pelabuhan adaptif studi kasus Pelabuhan Cigading = Increasing terminal capacity based on adaptive port planning case study Cigading Port / Dikky Putra Utama
Dikky Putra Utama;
Mohammed Ali Berawi, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Afrizal Nursin, examiner; Ayomi Dita Rarasati, examiner
([Publisher not identified]
, 2019)
|
ABSTRAK Infrastruktur di dalam negara kepulauan yang efektif untuk menyalurkan distribusi barangyaitu melalui kegiatan bongkar muat pelabuhan. Salah satu pelabuhan yang menjadi objekpenelitian ini yaitu pelabuhan Cigading di Provinsi Banten yang merupakan pelabuhanuntuk penanganan kargo curah kering dan curah cair. Pelabuhan ini akan berkespansisesuai dengan visi misi pelabuhan dan untuk meningkatkan penanganan kargo. Ekspansidilakukan untuk mencapai target aktifitas pelabuhan sebesar 26.81 juta ton pada tahun2025. Sehingga dalam ekspansi tersebut memerlukan pendanaan yang besar danmembutuhkan perencanaan yang tepat dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Metodapenelitian yang digunakan untuk menganalisis peningkatan kapasitas terminal pelabuhanadalah dengan mengembangkan kerangka kerja Perencanaan Pelabuhan Adaptif (PortPlanning Adaptive PPA). Kerangka kerja PPA ini memberikan keunggulandibandingkan perencanaan konvesional dikarenakan pengembangan PPA dapatmengindentifikasi, mempunyai fleksibilitas dalam desain dan beradapatasi dari faktorfaktorketidakpastian di masa yang akan datang, sehingga perencana dapat menentukankeputusan terbaik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya investasi dankonsep desain pelabuhan Cigading ketika ekspansi. ABSTRACT The effective infrastructure in the archipelago country to distribute goods is through portloading and unloading activities. One of port that will be the object of this research isCigading Port in the Banten Province. Main activities of this port are handling dry bulkand liquid bulk cargoes. This port will expand in line with ports vision and mission toincrease cargo handling. The expansion is carried out to achieve target of cargo handlingto 26.81 million tons in 2025. This expansion is required big funding, proper planningand can be adjusted to the needs in the future. The research methodology will useframework of Adaptive Port Planning (APP). This framework gives advantages comparedto conventional planning because of APP can identify, have flexibility in design, and canbe adapted from the uncertainty factors in the future. By using this framework, portplanner will have several scenarios so he she can determine the best decision to developCigading Port. |
T55210-Dikky Putra Utama.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T55210 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xvi, 250 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T55210 | 15-21-141455090 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499308 |