:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna dengan kebutuhan kognisi sebagai moderator untuk siswa Pengguna SCELE-UI = The relationship between perceived benefits and user satisfaction with cognitive needs as a moderator for students SCELE-UI users

Farras Elmira Zein; Bertina Sjabadhyni, supervisor; Linda Primana, examiner; Martina Dwi Mustika, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kepuasan pengguna pada siswa pengguna SCELE-UI salah salah satu indikator untuk menilai keberhasilan e-learning di Universitas Indonesia. Faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna adalah manfaat yang dirasakan dan faktor intrinsik individu itu sendiri, salah satunya adalah kebutuhan akan kognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna dengan kebutuhan kognisi sebagai moderator pada pengguna SCELE-UI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada 236 mahasiswa menggunakan SCELE-UI. Hasil studi menemukan bahwa manfaat yang dirasakan (M=19.72, SD=4.80) memiliki hubungan yang positif dan signifikan (r = .761, p < .01, two tails) dengan kepuasan pengguna (M=16.40, SD=4.33). Hasil lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perlunya kognisi yang tidak memiliki pengaruh moderasi yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t = 0,75; p = 0,45. Perlu perbaikan dalam hal penampilan SCELE-UI dan penambahan fitur notifikasi tugas akan mempengaruhi kepuasan pengguna yang akan mengarah pada niat menggunakan SCELE-UI dan meningkatkan motivasi belajar pengguna.

User satisfaction on SCELE-UI user students is wrong one of the indicators to assess the success of e-learning at the University of Indonesia. The factors that most influence user satisfaction are the perceived benefits and the individual's own intrinsic factors, one of which is the need for cognition. This study aims to identify the relationship between perceived benefits and user satisfaction with cognitive needs as a moderator of SCELE-UI users. This research is a quantitative research conducted on 236 students using SCELE-UI. The results of the study found that perceived benefits (M=19.72, SD=4.80) had a positive and significant relationship (r = .761, p < .01, two tails) with user satisfaction (M=16.40, SD=4.33). Another result found in this study is the need for cognition which does not have a significant moderating effect on user satisfaction with a value of t = 0.75; p = 0.45. Need improvement in the appearance of SCELE-UI and the addition of the task notification feature will affect user satisfaction which will lead to the intention to use SCELE-UI and increase user learning motivation.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Farras Elmira Zein.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 64 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-64341978 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499761