:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptasi Kontainer Bekas Pakai Sebagai Komponen Arsitektur Fleksibel = Adaption of Used Containers as Flexible Architectural Component

Muhammad Hasan As Syarif; Baskoro Laksitoadi, supervisor; Dalhar Susanto, examiner; Ova Candra Dewi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Dalam dunia pengiriman dan pelayaran, tingginya permintaan pembuatan baru kontainer tidak sebanding dengan jumlah kontainer yang mengalami pelayaran, sehinggga menyebabkan penumpukan di pelabuhan dan di depo sekitarnya. Adaptive re-use adalah intervensi pada penataan kembali bangunan dan material yang ada dengan fungsi baru. Pengaplikasian adaptive re-use menghadirkan peluang terbuka dalam upaya pencegahan terbuangnya kontainer bekas pakai dengan pemanfaatan sebagai material penyusun maupun arsitektur itu sendiri. Dengan memiliki batasan standar internasional yang tetap terhadap ukuran modul kontainer, menjadi pertimbangan dalam merancang bangunan kontainer. Penulisan ini diperuntukan untuk meninjau kembali penggunaan kontainer bekas pakai sebagai material pembentuk bangunan yang fleksibel. Metode yang dilakukan dalam penulisan ini adalah dengan melakukan studi kasus terhadap bangunan kontainer Day & Nite Eatery and Grocery dan juga penulusuran terkait siklus hidup kontainer dari depo penyimpanan dan pelayaran serta industri manufaktur kontainer. Siklus hidup kontainer sebagai bangunan dimulai dari proses yang terjadi pada pelayaran dipelabuhan. Dalam penulisan ini menjabarkan pendekatan adaptive re-use terhadap keberadaan kontainer bekas pakai dan juga adaptasi yang dilakukan terhadap kontainer dalam menciptakan fleksibilitas bangunan. Kesimpulan yang didapatkan dari penulisan ini adalah fleksibilitas bangunan dengan menggunakan kontainer dapat dicapai melalui perencanaan layout yang tepat dan pemahaman terhadap potensi keunggulan dari sifat penyusun kontainer yang fleksibel.

In the shipping world, the high demand for new containers is not comparable to the number of containers undergoing shipping, this situation build up at the port and surrounding depots. Adaptive reuse is an intervention for the rearrangement of existing buildings and materials with new functions. The application of adaptive re-use presents an open opportunity in the effort to prevent the waste of used containers by using them as the building material and architecture itself. By having fixed international standard restrictions on the size of the container module, it becomes a consideration in designing container buildings. This studies is about the application of used containers as flexible building material. The method used in this paper is to conduct a case study of the Day & Nite Eatery and Grocery container buildings as well as tracing the container life cycle of the storage and shipping depot and also the container manufacturing industry. The life cycle of the container as a building starts from the process that occurs at the seaport at the port. In this paper describes the adaptive re-use approach to the existence of used containers and also the adaptations made to containers in creating building flexibility. The conclusion obtained from this paper is the flexibility of building using containers can be achieved through proper layout planning and understanding of the potential advantages of the flexible container compilers.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Hasan As Syarif.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 39 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-22856922 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499920