ABSTRAK Kehadiran orang lain diyakini mempengaruhi kinerja tugas individu, terutama orang-orang yang gelisah.Sebagian besar penelitian hanya berfokus pada kecemasan sebagai sifat kepribadian, tetapi penelitian tentangkeadaan mencemaskan masih terbatas. Eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh social facilitation dankeadaan mencemaskan terhadap kinerja tugas. Sebanyak 40 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini dan desainantar kelompok 2x2 diimplementasikan. Peserta diminta untuk melakukan soal matematika sederhana di dalamkondisi penonton dan kecemasan yang berbeda. Dihipotesiskan bahwa peserta dalam kondisi penonton akanmendapatkan lebih banyak jawaban benar daripada peserta dalam kondisi tanpa penonton. Diprediksikan jugabahwa peserta dalam keadaan cemas akan mendapatkan lebih sedikit jawaban benar dibandingkan peserta dalamkondisi tanpa kecemasan. Selain itu, peserta dalam kondisi penonton dan tanpa kecemasan diprekdisikan akantampil lebih baik daripada kondisi penonton dengan kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adaefek signifikan dari kehadiran orang lain dalam keadaan kecemasan. Para peneliti menyarankan untukmenggunakan manipulasi kecemasan yang lebih baik dan tugas individu yang lebih tepat. ABSTRACT The presence of others is believed to influence an individuals task performance, particularly anxious people.Most studies have only focused on anxiety as a personality trait, but research on anxiety as a state is limited.This experiment aims to examine the effect of social facilitation and anxiety states on task performance. A totalof 40 UQ students participated in the study and a 2x2 between-subjects design was implemented. Participantswere asked to perform simple mathematical equations under different conditions of audience and anxiety. It washypothesised that participants in audience conditions would score more correct answers than participants inno-audience conditions. It was also predicted that participants in an anxious state would score less correctanswers than participants in no-anxiety conditions. Additionally, audience-no-anxiety conditions would performbetter than audience-anxiety conditions. Results revealed that there was no significant effect of presence of others of state of anxiety. The experimenters suggest better manipulation of anxiety and a more appropriate taskshould be used. |