Hubungan antara Obesitas pada Anak dan Pencapaian Akademis Anak = Relationship Between Childhood Obesity and Child's Academic Achievement
Daniel Christovery Darmaputra;
Rini Sekartini, supervisor; Martina W. Nasrun, examiner
(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018)
|
Latar Belakang. Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakatyang paling serius di abad ke 21 ini. Masalah ini bersifat global dan terus mempengaruhibanyak negara baik negara dengan pendapatan rendah dan negara dengan pendapatanmenengah, terutama di daerah perkotaan termasuk di Indonesia. Banyak faktor yangmempengaruhi obesitas pada anak termasuk keturunan, perilaku gerak pasif dan berkurangnyaaktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor resiko, persebaran danhubungan antara obesitas dengan nilai akademis. Metode. Penelitian ini dilakukan denganpenelition potong lintang yang mengikutsertakan murid sekolah dasar di sekolah negri diJakarta. Berat badan dan tinggi subjek diukur. Indeks masa tubuh dari masing masing subjekdiukur menggunakan kurva indeks masa tubuh-untuk-usia dari CDC. Subjek diklasifikasikedalam tiga kategori; berat badan kurang, berat badan normal dan obesitas. Hasil.Diantaranya, 59 subjek dari 279 subjek termaasuk dalam kategori obesitas. Hubungan antaranilai akademik dengan kelas (p=0.000) dan jenis kelamin (p =0.021) berkaitan secarasignifikan. Hubungan antara obesitas pada anak (p = 0.512) dengan nilai akademik ditemukantidak signifikan. Kesimpulan. Prevalensi dari obesitas pada anak didalam penelitian ini adalah21.1%. Variabel yang berhubungan secara signifikan dengan nilai akademik adalah kelas danjenis kelamin. Hubungan nilai akademik dengan obesitas pada anak tidak signifikan Background. Childhood obesity is one of the most serious public health challenges of the 21stcentury. The problem is global and is steadily affecting many low- and middle-incomecountries, particularly in urban settings including in Indonesia. There are several risks ofchildhood obesity including genetic, parent restriction, sedentary behaviour and decreasedphysical activity. This study is aimed to know the risk factor, epidemiology and relationbetween obesity with academic achievement. Methods. This study is conducted using crosssectionalstudy comprised of primary school student in a public school in Jakarta. Subjectsbody weight and body height were measure. BMI of each subject were measure using BMIfor-age curve from CDC. The subjects were classified into three weight status categories;underweight, normal weight and obese. Results. Among which, 59 subjects from 279 subjectsfound to be obese. In relationship with academic scores, grade (p = 0.000) and gender (p =0.021) were found to be significant. Relationship between childhood obesity (p = 0.512) withacademic score were insignificant. Conclusion. Prevalence of obese in this study is 21.1%.Variables significantly associated with academic score were grade and gender. Childhoodobesity was insignificantly associated with academic score |
S-Daniel Christovery Darmaputra.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | x, 28 pages: illustration; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-21-616544823 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20500308 |