:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis pengaruh antara financial leverage terhadap profitabilitas perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2018 = Analysis the effect of financial leverage on the profitability of non-financial companies listed on the Indonesia stock exchange in 2009-2018

Wipratomo Ahmad Kurniansyah; Umanto, supervisor; Bernardus Yuliarto Nugroho, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara financial leverage terhadap profitabilitas yang diukur menggunakan return on assets (ROA), return on equity (ROE), return on sales (ROS), dan return on capital employed (ROCE) pada perusahaan non-keuangan di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2018. Pada penelitian kali ini penggunaan financial leverage dilihat menggunakan short-term debt to asset dan long-term debt to asset. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan penelitian eksplanatif. Sampel yang digunakan adalah perusahaan non-keuangan yang memiliki laporan keuangan periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi berganda. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Autokorelasi, Uji Misspesification, dan Uji Signifikansi menggunakan Uji F, Uji T, dan Uji R2. Pada penelitian kali ini menggunakan 4 model yang masing-masing dibedakan dari variabel dependennya, yaitu ROA, ROE, ROS, dan ROCE. Hasil dari penelitian kali ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara financial leverage dengan ROA dan ROE, dan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan ROS dan ROCE.

This research have a purpose to analyze the influence of financial leverage on profitability measured using return on assets (ROA), return on equity (ROE), return on sales (ROS), and return on capital employed (ROCE) in non-financial companies in Indonesia Stock Exchange in the period 2009-2018. In this research the use of financial leverage is seen using the short-term debt to asset dan long-term debt to asset. This research uses a quantitative approach with the aim of explanative research. The sample used is non-financial companies that have financial statements for the period 2009-2018. The analysis technique used is a simple regression analysis with the multiple regression model. The analysis technique used is the Normality Test, Autocorrelation Test, Misspesification Test, and Significance Test using the F Test, T test, and R2 Test. This research uses 4 models, each of which is distinguished from the dependent variable, namely ROA, ROE, ROS, and ROCE. The results of this study indicate that there is a significant relationship between financial leverage with ROA and ROE, and does not have a significant relationship with ROS and ROCE.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Wipratomo Ahmad Kurniansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xx, 85 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 146-21-257502083 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20500549