ABSTRAK Perkembangan teknologi serta masyarakat yang semakin kompleks, telah menciptakanpermintaan akan layanan publik yang lebih baik. Pemecahan masalah layanan publiktidak bisa lagi menggunakan metode lama dan cara yang biasa. Organisasi sektor publikdalam hal ini Pemerintah, dituntut mencari solusi kreatif dengan memaksimalkan sumberdayanya dan ini dilakukan melalui inovasi. Fenomena munculnya berbagai inovasi disektor publik memberi warna baru dalam implementasi layanan publik. Kehadiranlayanan antar jemput izin bermotor (AJIB) dari Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta merupakan terobosan inovasi sebagai upayauntuk meningkatkan kualitas layanan, memudahkan masyarakat untuk memangkas waktudan biaya dalam proses pengurusan perizinan, sekaligus untuk menghilangkan praktikperantara/calo perizinan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, tingkat adopsi masyarakatterhadap inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) ini masih rendah. Denganmenggunakan pendekatan penelitian post positivis dan metode pengumpulan datakualitatif, penelitian ini menjawab faktor faktor apa yang mempengaruhi adopsi inovasilayanan antar jemput bermotor (AJIB) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan TerpaduSatu Pintu pada dimensi lingkungan dan organisasi. Pisau analisis menggunakan analisisfaktor yang mempengaruhi adopsi inovasi, yang dikemukakan oleh De Vries, et.al (2018)spesifik pada dimensi lingkungan dan organisasi. Dari hasil penelitian terdapat beberapafaktor yang mempengaruhi rendahnya adopsi inovasi AJIB dari dimensi lingkungan danorganisasi yaitu tidak dilibatnya stake holders lain seperti masyarakat dan pihak swastadalam proses pembuatan AJIB, munculnya regulasi terkait penerapan e governmentdalam proses perizinan, kurangnya pelatihan bagi petugas AJIB, serta sulitnya aksespemesanan AJIB melalui aplikasi AJIB pada playstore oleh masyarakat. ABSTRACT The development of technology and an increasingly complex society, has created ademand for better public services. In order to solve problems related to public services,innovation and unconventional method needed. The government required to find creativesolutions by maximizing its resources and this is done through innovation. Thephenomenon of the emergence of various innovations in the public sector gives a newcolor in the implementation of public services. The presence of a motorized permit pickupservice (AJIB) from the Capital Investment and Integrated Services Office of the DKIJakarta Province is a breakthrough innovation as an effort to improve service quality.AJIB purpose is to make it easier for the public to cut time and costs in the licensingprocess, as well as to eliminate the practice of intermediaries / brokers licensing.However, in its implementation, the level of public adoption of the innovation of theMotorized Vehicle Shuttle Service (AJIB) is still low. By using a post positivist researchapproach and qualitative data collection methods, this study answers what factorsinfluence the adoption of motorized shuttle service innovation (AJIB) of the One StopInvestment and Integrated Services Office on environmental and organizationaldimensions. Analysis using factor that influences the adoption of innovations by DeVries, et.al (2018) spesifically on environtmental and organization dimension. From theresults of the study, there are several factors that influence the low adoption of AJIBinnovations in the environmental and organizational dimensions, which is no involvementof other stakeholders such as the public and private parties in the process of making AJIB,the emergence of regulations related to the implementation of e-government in thelicensing process, lack of training for AJIB officers, and the difficulty of accessing AJIBreservations through the AJIB application on the public playstore. |