Latar belakang: Memberikan edukasi dan memberikan kesempatan pasien untukberpartisipasi pada pengambilan keputusan merupakan kunci keberhasilanhubungan dokter dengan pasien. Oleh karena itu diperlukan komunikasi antardokter dan pasien untuk mendiskusikan tatalaksana medis. Untuk menilaipemahaman pasien terhadap suatu prosedur, diperlukan alat bantu misalnya dalambentuk kuesioner. Saat ini belum ada kuesioner standar di Indonesia maupuninternasional untuk menilai pemahaman pasien mengenai seksio sesarea. Untuk itupeneliti merasa perlu untuk membuat suatu kuesioner untuk menilai pemahamanpasien terhadap prosedur seksio sesareaTujuan: (1) Membuat kuesioner yang dapat menilai pemahaman pasien terhadapedukasi pra tindakan operasi seksio sesarea, (2) kuesioner dapat dipakai sebagaisarana untuk mengetahui pemahaman pasien sebelum dilakukan edukasipratindakan seksio sesarea, (3) Kuesioner ini akan digunakan untuk penelitianselanjutnya yaitu untuk membandingkan pemahaman pasien yang diberikanedukasi dengan alat bantu video edukasi dan pasien yang diberikan edukasi standar.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan, yaitu membuat suatukuesioner baru. Validasi dilakukan dengan uji validasi isi oleh panel expert, uji facevalidity dan uji validitas konstruk. Kuesioner terdiri atas 28 butir pertanyaan pilihanganda. Pengujian validitas konstruk dengan menilai item discimination dan itemdifficulty. Analisis uji validitas penelitian ini menggunakan korelasi BivariatPearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.Hasil: Penelitian dikatakan valid apabila r-hitung > r-tabel. Pada perhitungan rtabeldidapatkan nilai koefisien 0,207. Hasil penelitian kami, berdasarkan nilai rhitung>0,207 yaitu sebanyak 19 dari 28 butir soal kuesioner dinyatakan valid.Tingkat reliabilitas yang kami dapatkan sebesar 0,551.Kesimpulan: Kuesioner pemahaman pasien terhadap tindakan seksio sesareamenghasilkan 19 butir kuesioner yang valid dan dapat digunakan sebagai alat untukmenilai pemahaman pasien sebelum operasi seksio sesarea. Background: Patients education prior cesarean section is a success key in doctorpatientrelationship. Therefore, good communication to discuss medical procedureis needed. An instrument such as questionnaire is important to evaluate patientsknowledge of medical procedure. Nowadays, theres no standard tool to evaluatepatients knowledge of cesarean section, neither here in Indonesia, nor in abroad.Hence, we need to create a new questionnaire to evaluate it.Objective: (1) To make a questionnaire that can evaluate patients knowledge ofcesarean section, (2) The questionnaire can be use as a tool before doctors educatepatients during informed consent, (3) The questionnaire could be use again in thenext research, to compare patient with standard informed consent and witheducational video.Method: This is a pilot study to create a new questionnaire about patientsknowledge of cesarean section. We conduct a validation test which are contentvalidity, face validity and construct validity. The questionnaire has 28 item, withmultiple choice questions type. To measure construct validity, we analyze itemdiscrimination and item difficulty. Data was processed using SPSS version 20 toanalyze pearson bivariate correlation.Result: This questionnaire is valid if pearsons r-count > r table. We determine ther-table is 0.207. Hence, the value was valid if the coefficien is >0.207. Using SPSSversion 20, there are 19 from 28 items which are valid. The reliablity of thisquestionnaire is 0.551.Conclusion: This questionnaire result in 19 valid items and it can be use as a toolto evaluate patient knowledge before cesarean section. |