:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren Margasari Cijawura Bandung (1930-2018) = The History and the development of Pondok Pesantren Margasari Cijawura Bandung (1930-2018)

Salpa; Apipudin, supervisor; Yon Machmudi, examiner; Ade Solihat, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Pondok Pesantren Margasari Cijawura merupakan salah satu pondok yang memiliki sejarah penting bagi proses kemerdekaan Indonesia. Selain peranannya yang krusial pada masa 1930an, pondok pesantren ini pun terus mengalami perkembangan dan tetap berdiri hingga saat ini. Oleh karena kuatnya nilai sejarah dan stabilitas pesantren hingga tetap berdiri sampai saat ini, penelitian ini dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan didukung oleh sumber tertulis. Teori yang digunakan adalah teori dari pesantren Azis dan Dhofier. Wawancara dilakukan oleh peneliti di pondok pesantren langsung terhadap tujuh narasumber yang terdiri atas pengurus pesantren, warga yang bermukim di sekitar pesantren, alumni pesantren, dan keluarga pendiri pesantren. Dari penelitian, diketahui bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan pesantren ini kokoh berdiri, di antaranya yaitu bantuan dari pihak keluarga, kemandirian pesantren, dan perkembangan pendidikan, sarana, serta prasarana pesantren. Berdasarkan penelitian ini didapat bahwa didirikannya pesantren adalah untuk solusi masalah masyarakat Cijawura yang masih jauh dari ajaran agama Islam. Pesantren sebagai lembaga pendidikan melakukan syiar Islamnya untuk santri dan masyarakat di sekitar pesantren. Perkembangan pesantren tidak lepas dari bantuan keluarga besar. Elemen-elemen pesantren antara lain masjid, pondok, santri, dan kiai.

Pondok  Pesantren Margasari  Cijawura  is  one  of  the  old  pesantren    that  has  an  important  history  for the  Indonesian  independence  process. In addition  to  its  crucial  role  in  the  1930s, this  pesantren also continues  to  experience  growth  and  still  stands  toda y.  Because  of  the  strong  historical  value  and stability of  the pesantren  to  this day, this research was conducted.  The  method  used  in  this research is  an  interview  supported  by  written  sources. The  theory  used  is  the  theory  of  Azis  and  Dhofier Interviews . were  conducted  by  researchers  at  the  pesantren  directly  on  seven  speakers  consisting  of pesantren    administrators,  residents  who  live  around  the  pesantren,  pesantren  alumni,  and  the founding  family  of  the  pesantren.  From  the  research,  it  is  known  that  ther e  are  three  main  factors that  cause  this  pesantren  to  stand  firm,  including  the  assistance  from  the  family,  the  independence of  the  pesantren,  and  the  development  of  education,  facilities,  and  pesantren  infrastructure. Based on  this  research,  it  was  found that  the  establishment  of  pesantren  is  a  solution  to  the  problems  of  the Cijawura  people  who  are  still  far  from  Islam.  The  pesantren  as  an  educational  institution  try  to educate  students  and  the  community  around  the  pesantren.  The  development  of  pesantren is inseparable  from  the  help  of  extended  families  who  build  the  pesantren.  Pesantren  elements  include mosques,  santri and kiai<

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Salpa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 28 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-309367710 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20501907