:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbaikan services process, pengembangan media promosi dan mendesain packaging UMKM Bakmie Pulau Seribu = Improving service process, development of promotional media, and designing product packaging of MSMEs Bakmie Pulau Seribu

Lubis, Abdel Renzy; Sisdjiatmo Kusumosuwidho Widhaningrat, supervisor; Dony Abdul Chalid, examiner; Fandis Ekyawan, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi masih banyak UMKM yang belum mengelola bisnisnya dengan baik terutama bisnis mikro. Bakmie Pulau Seribu adalah UMKM yang diklasifikasikan sebagai bisnis mikro. Bakmie Pulau Seribu adalah kios makanan yang menjual mie halal, berlokasi di Menteng Square di kota Jakarta, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dalam bentuk business coaching. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, observasi dan wawancara untuk memetakan kondisi dan permasalahan yang dihadapi UMKM, dan kemudian diselesaikan dengan mengambil tindakan korektif dan mengimplementasikannya sebagai solusi perbaikan. Penelitian ini menggunakan delapan analisis tools untuk mengidentifikasi masalahnya, yakni Business Model Canvas (BMC), analisis PESTEL, Porter's Five Force Model, Service Marketing Mix, SWOT dan TOWS, analisis GAP, dan analisis Pareto. Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM memiliki permasalahan pada service process, media promosi dan packaging produk. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan service process, pengembangan media promosi dan mendesain packaging.

The increasing number of MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia has made a positive contribution to Indonesia's economy, but there are still many MSMEs that have not managed their businesses well that are enhancing micro businesses. Bakmie Pulau Seribu is a micro business that operates in the culinary industry, including halal bakmie kiosks located in Menteng Square in the city of Jakarta, Indonesia. This research is applied research in the form of business coaching. This research was conducted by survey, observation and interview methods to map the conditions and problems that experienced by MSMEs, and then resolve them by taking corrective actions and implementing them as solutions. This study uses a set of analytical tools to analyze the problem, namely Business Model Canvas (BMC), PESTEL analysis, Five Force Model Porters, Service Marketing Mix, SWOT and TOWS analysis, GAP analysis, and Pareto analysis. The analysis shows that MSMEs have problems in the service process, media promotion and product packaging. Therefore, service improvement processes, promotion media development and packaging design are needed as the solutions.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Lubis, Abdel Renzy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 97 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-85906575 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20502030