ABSTRAK Penelitian ini menganalisis interaksi teks verbal dan citra visual dalam buku teks sains dalam merepresentasikan pesan pengetahuan sains dari segi makna pengalaman dan logis-semantis (fungsi ideasional), dari segi makna interpersonal dandari segi komposisi (fungsi tekstual). Penelitian ini juga ditujukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang berpotensi menghambat kepaduan interaksiteks verbal dan citra visual dalam merepresentasikan pengetahuan sains. Data dalam penelitian ini berbentuk teks verbal dan gambar yang munculbersamaan dalam satu halaman pada buku teks sains untuk tingkat dasar di Indonesia. Teori metafungsi bahasa yang diperluas kepada moda lain di luar bahasa verbal, analisis transitivitas verbal, analisis transitivitas visual, teori dan cara menganalisishubungan teks verbal dan citra visual, analisis penanda modalitas, analisis pronominadan genre teks telah digunakan dalam disertasi ini untuk menjawab pertanyaanpertanyaanpenelitian yang diajukan. Dari segi makna pengalaman, teks verbal dan citra visual dapat memiliki kesetaraan ideasional. Dari makna logis-semantis, intersemiosis teks verbal dan citravisual menghasilkan penambahan makna satu moda oleh moda lainnya berupa pemberian contoh, penjelasan dengan cara berbeda, dan pengungkapan kembaliinformasi yang sama satu moda oleh moda yang lain.Dari segi interpersonal intersemiosis teks verbal dan citra visual dibangun melalui penguatan sapaan, penguatan pemosisian pembaca, dan kesetaraan penandamodalitas antara teks verbal dan gambar. Secara interpersonal, pengetahuan sains yangdisampaikan citra visual dalam buku teks menuntut pembaca untuk terlibatmemahaminya dan menawarkan pembaca untuk berkontemplasi melalui pemanfaatantatapan yang diarahkan PT kepada pembaca atau tatapan frontal, dan tatapan yangdiarahkan ke arah selain pembaca, atau tatapan oblique. Pesan pengetahuan dan PTdalam gambar adalah sesuatu yang dekat dengan pembaca buku teks.Dari segi tekstual, intersemiosis teks verbal dan gambar ditunjukkan padatataran penyajian (display) melalui kehadiran dan tidakhadiran bingkai, warna yangdigunakan, dan tipografi yang dipilih. Intersemiotis antara kedua moda juga dibangunpada tataran tata bahasa melalui kesetraan tema, perujukan langsung, dan perujukanintersemiotis yang digunakan oleh kedua moda.Ketidaksetaraan ideasional antara apa yang disampaikan oleh teks verbal danoleh gambar, ketidaklengkapan label yang berfungsi sebagai rujukan indeksikal, danpoximity tek verbal-gambar menjadi kendala yang berpotensi menghambat kepaduaninteraksi teks verbal dan citra visual. ABSTRACT The research is analysing verbal and visual intersemiosis ideationally,interpersonally, and textually in science textbooks to represent the science. Theresearch is also aimed at finding challenges that will potentially hinder the integrationof the scientific messages communicated through the co-deployment of verbal text andpictures.The data for the research are in the form of verbal texts and pictures codeployedon the same page of the science textbooks for basic level in Indonesia.Metafunction theory that has been extended to be used on other modes than verbal,verbal and visual transitivity system, verbal-visual intersemiosis theory, modalitymarkers theory, analysis of the pronouns used, and text genre theory have beenemployed and performed to find the answers to the reseach questions.Experientially, verbal texts and pictures can show ideational concurence.Logico-semantically, verbal-visual intersemiosis leads to meaning extension in theform of exemplification, clarification and exposition.Interpersonally, verbal texts and pictures interact through the reinforcement ofaddress, reinforcement of readersposition, and concurrent modalities used in the codeployedmodes. The science communicated in the textbooks both demands the readersto involve with it through the employment of represented participants (RP) frontalgaze, and offers the readers to contemplate on scientific objects and phenomenathrough the use of oblique gaze. The science in the textbooks is represented asapproachable to the readers; lesson they can master.Textually, verbal-visual intersemiosis can obtain in the area of display which isshown through the existence and nonexistence of frame, the colors used, and thetypograhy chosen. Verbal-visual intersemiosis also obtains in the area of grammarthrough the concurent theme used in verbal texts and pictures, use of direct referenceand intersemiotic reference.Ideational nonconcurrence of verbal texts and pictures contributed byignorance of those responsible for the textbooks making, proximity of verbal texts andpictures, and incomplete labels serving as indexical reference in the textbooks are thechallenges potentially hindering the scientific messages communicated to be whollyand appropriately comprehended. |