ABSTRACT Menghadapi era industri 4.0, Perpustakaan UGM memanfaatkan media viral untuk memasarkan produk danlayanannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemanfaatan media viral untuk memasarkan produk danlayanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, serta memberikan usulan pengembangannya di masa depan. Penelitianyang dilakukan berjenis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada 8 oranginforman dan diskusi kelompok. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atauverifikasi dengan menggunakan analisis SWOT. Media viral yang dimanfaatkan Perpustakaan UGM untuk memasarkanproduk dan layanannya berupa media sosial dan website. Produk dan layanan perpustakaan yang dipasarkan meliputikoleksi, unit pelayanan, dan kegiatan. Perpustakaan UGM telah memanfaatkan media yang bersifat viral untuk untukmemasarkan produk dan layanan yang ada. Ke depan, Perpustakaan UGM perlu menambah media viral Youtube danLine. ABSTRACT To prepare the industrial era 4.0, the UGM Library uses viral media to market its products and services. The researchobjective is to determine the viral media usage to market Gadjah Mada University Library products and services, aswell as to propose future developments. Qualitative descriptive research with data collection methods in the form ofinterviews with 8 informants and focus group discussions. Data analysis included data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification using a SWOT analysis. Viral media used by UGM Library to market itsproducts and services in the form of social media and websites. Library products and services that are marketed includecollections, service units, and activities. UGM Library has utilized viral media to market existing products and services. In the future, the UGM Library needs to add youtube and line viral media. |