Full Description

Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 16936027
Magazine/Journal : Jurnal HAM
Volume : Volume 14 Tahun 2018 Hlm. 175-221
Content Type : text (rdacontent)
Media Type : unmediated (rdamedia)
Carrier Type : volume (rdacarrier)
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 0
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
300 JHAM 14 (2018) 03-20-954072908 TERSEDIA
No review available for this collection: 20502698
 Abstract
ABSTRAK
Tindakan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi. tercatat sebanyak 29,9% guru melakukan tindak kekerasan di sekolah. penyebab guru melakukan tindakan kekerasan antara lain karena pengetahuan yang kurang, persoalan psikologis, persepsi yang keliru dalam memandang peserta didik, tekanan kerja yang berat dan anggapan tentang boleh melakukan kekerasan moderat untuk mendisiplinkan peserta didik. Fenomena kekerasan oleh guru ini telah menimbulkan keresaha yang serius di masyarakat. Guru sebagai pembela hak asasi manusia mestinya meninggalkan segala macam bentuk kekerasan dan mendidik. guru harus aktif mencari dan menemukan cara-cara yang inovatif dalam mengelola proses pembelajaran dan dalam mendisplinkan peserta didik. sebagai pembela hak asasi manusia, guru wajib untuk menaati dan mengimplementasikan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang termuat diberbagai aturan hukum dan hak asasi manusia, terutama aturan terkait hak atas pendidikan.