:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Tanggung jawab guru sebagai human rights defender

Rusman Widodo; (Komnas HAM , 2018 )

 Abstrak

ABSTRAK
Tindakan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi. tercatat sebanyak 29,9% guru melakukan tindak kekerasan di sekolah. penyebab guru melakukan tindakan kekerasan antara lain karena pengetahuan yang kurang, persoalan psikologis, persepsi yang keliru dalam memandang peserta didik, tekanan kerja yang berat dan anggapan tentang boleh melakukan kekerasan moderat untuk mendisiplinkan peserta didik. Fenomena kekerasan oleh guru ini telah menimbulkan keresaha yang serius di masyarakat. Guru sebagai pembela hak asasi manusia mestinya meninggalkan segala macam bentuk kekerasan dan mendidik. guru harus aktif mencari dan menemukan cara-cara yang inovatif dalam mengelola proses pembelajaran dan dalam mendisplinkan peserta didik. sebagai pembela hak asasi manusia, guru wajib untuk menaati dan mengimplementasikan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang termuat diberbagai aturan hukum dan hak asasi manusia, terutama aturan terkait hak atas pendidikan.

 Metadata

No. Panggil : 300 JHAM 14 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta : Komnas HAM , 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 16936027
Majalah/Jurnal : Jurnal HAM
Volume : Volume 14 Tahun 2018 Hlm. 175-221
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
300 JHAM 14 (2018) 03-20-954072908 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20502698