ABSTRAK Partisipasi masyarakat dalam proses perumusan kebijakan pemerintah akan menghasilkan kebijakanyang lebih matang, tepat sasaran, dan lebih diterima oleh semua pihak. Dengan perkembangan TIKdalam konsep e-Participation, partisipasi masyarakat dimungkinkan untuk diselenggarakan secaradaring melalui layanan konsultasi publik elektronik (e-Consultation). Untuk mengembangkan layanantersebut dibutuhkan perencanaan yang matang dan langkah-langkah yang tepat agar sistem yangdikembangkan dapat dipergunakan secara efektif. Sejumlah literatur telah mengupas tentang modelpengembangan e-Participation, namun model-model yang ada hanya fokus pada aspek tertentu saja.Oleh sebab itu penelitian ini mencoba mengusulkan sebuah kerangka pengembangan layanan konsultasipublik elektronik melalui studi literatur terhadap sejumlah kajian-kajian pengembangan dan konsep eParticipation.Kerangka yang dibangun terdiri atas 4 (empat) tahapan: Inisiasi, Perancangan,Implementasi, dan Evaluasi, dan dalam tiap tahapan memiliki langkah-langkah spesifik yang dapatmenjadi acuan dalam pengembangan layanan e-Consultation. Melalui makalah ini, peluang untukpenelitian lanjutan dapat dilaksanakan dengan menguji dan mengevaluasi kerangka yang dibangun.ABSTRACT Citizen participation in the process of policy formulation will produce policies that are more mature,effective, and more acceptable to all parties. With the rapid developments of ICT and e-participationconcept, it is possible for community participation to be held online through the electronic publicconsultation (e-Consultation). Developing these service required careful planning and proper measures sothat the system can be used effectively. Some literature has investigated e-Participation developmentmodels. However, existing models only focus on a particular aspect. Therefore, this paper attempts topropose a framework for developing electronic public consultation through literature study on a numberof papers concerning about development on the e-Participation concept. The framework is built consistsof four (4) phases: Initiation, Design, Implementation, and Evaluation, and in each stage has specific stepsthat could be a reference in the development of e-Consultation. Through this paper, there areopportunities for further research by testing and evaluating the proposed framework. |