:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Psychopathic level and accounting student's acceptance of unethical practices = Tingkat psikopat dan penerimaan mahasiswa/i akuntansi terhadap praktik yang tidak etis.

Hanna Sabrina Alfian; Yulianti, supervisor; Evony Silvino Violita, examiner; Panggah Tri Wicaksono, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Psikopat adalag ciri-ciri kepribadian yang dilukiskan oleh kekurangan hati nurani dan empati, yang mengarah ke sikap dan pengambilan keputusan yang tidak berperasaan dan manipulatif. Bersama-sama dengan kepribadian lainnya yaitu Machiavellianisme dan Narcissisme, terbentuklah segitiga "Triad Gelap". Triad Gelap ini telah mendapat perhatian dalam literatur akuntansi, dan jelas memiliki implikasi serius untuk penipuan dan perilaku yang tidak etis yang dilakukan oleh akuntan dan auditor. Dengan menggunakan sampel mahasiswa/i akuntansi, penelitian ini mendokumentasikan tingkat variabel kepribadian, dan asosiasinya dengan sikap tertentu tentang praktik profesional yang tidak etis, dan juga perbedaan potensial di seluruh usia, jenis kelaminm dan senioritas. Studi ini menemukan bahwa tingkat psikopati siswa berasosiasi dengan penerimaan mereka terhadap perilaku yang tidak etis. Bagaimanapun, penelitian ini tidak menemukan adanya perbedaan penerimaan perilaku tidak etis untuk siswa dengan perbedaan jenis kelamin, kelas akademik, senioritas, dan perminatan untuk menjadi akuntan publik.

Psychopaths are personality traits represented by shortage of conscience and empathy, which lead to callousness and manipulative behavior. Together with other personality, Machiavellianism and Narcissism, formed "Dark Triad" personality. Dark Triad has received attention in the accounting literature and clearly has serious implications for fraud and unethical behavior by accountants and auditors. Using a sample of accounting students, this study documents the level of personality variables, how they are associated with certain attitudes about unethical professional practice, and the potential differences across age, gender, and academic class levels. This study found that students' psychopathy level is associated with their acceptance of unethical behavior. This study, however, did not find any differences in the acceptance of unethical behavior for student with different gender, academic class, and interest to be public accountant.

 File Digital: 1

Shelf
 Pdf-Hanna Sabrina Alfian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 48 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-95900332 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503799