Telaah kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM = Review the quality of antenatal care services at RSCM
Dalri Muhammad Suhartomo;
Dwiana Ocviyanti, supervisor; Omo Abdul Madjid, examiner; Arietta D. Pusponegoro, examiner; Achmad Kemal Harzif, examiner
(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019)
|
Latar belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator yangdigunakan untuk mengukur status kesehatan ibu pada suatu wilayah. Asuhan antenatalmerupakan salah satu pilar utama safe motherhood untuk menuju kesehatan ibu yangberkualitas. Melalui kerjasama Kemenkes perbaikan kualitas pelayanan asuhan antenataldi Indonesia melalui penyusunan Instrumen Umpan Balik Untuk Pengumpulan DataKualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir.Tujuan: Diketahuinya data kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM denganmenggunakan Instrumen Umpan Balik Pengumpulan Data Kualitas Pelayanan KesehatanIbu dan Bayi sehingga dapat dilakukan optimalitasi dan perbaikan terhadap komponenkomponenterkait.Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yangmenganalisis data kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Penelitian ini akanberlangsung pada bulan September pada fasilitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM.Sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Rancangan penelitian inimenggunakan desain deskriptif kualitatif yang menganalisis data kualitas pelayananasuhan antenatal di RSCM. Penelitian ini akan berlangsung pada bulan September padafasilitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Sampel penelitian ini menggunakan totalsampling.Hasil: Penelitian dilakukan selama 1 bulan dengan cara melakukan observasi fasilitaspelayanan, observasi dan wawancara petugas kesehatan, evaluasi rekam medik sertawawancara pada pasien pelayanan asuhan antenatal di RSCM dari sarana fisik dankelengkapan medis mencakup 45 dari 66 butir (72 %), obat-obatan dan bahan medis 68dari 71 butir (97%), Pemerikaan laboratorium 36 dari 36 butir (100%), kualitas pengisianbuku KIA serta rekam medis rata-rata 54 %, kualitas penerimaan informasi dan persepsipasien menyatakan puas terhadap pelayanan di RSCM.Kesimpulan: Kualitas pengisian buku KIA dan kelengkapan rekam medis di RSCMmenurut Instrumen Umpan Balik Untuk Pengumpulan Data Kualitas PelayananKesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir masih sangat kurang. Persepsi ibu hamil yangdiwawancara pada penelitian ini menunjukkan persepsi yang puas terhadap pelayanandan kualitas pelayanan asuhan antenatal di RSCM. Temuan yang tidak sesuai standarsebagian karena ketidak sesuaian standar instrumen tersebut dengan standar RSCMsebagai rumah sakit rujukan tipe A. Backgrounds : Maternal Mortality Rate (MMR) is one indicator used to measurematernal health status in an area. Antenatal care is one of the main pillars of safemotherhood to achieve quality maternal health. Through the collaboration of the Ministryof Health to improve the quality of antenatal care services in Indonesia through thepreparation of a Feedback Instrument for Collecting Data on the Quality of Maternal andNewborn Health Services.Aim : Knowing the quality of antenatal care service data at the RSCM by using theFeedback Instrument Quality Data Collection of Maternal and Infant Health Services sothat it can be optimized and improved on related components.Method : The design of this study uses a qualitative descriptive design that analyzes dataon the quality of antenatal care services at RSCM. This study will take place in Septemberat the antenatal care facility at RSCM. This study sample uses total sampling.Result : The study was conducted for 1 month by observing service facilities, observingand interviewing health workers, evaluating medical records and interviewing patientswith antenatal care services at RSCM from physical facilities and medical equipmentincluding 45 out of 66 items (72%), medicines and medical materials 68 out of 71 items(97%), laboratory examination 36 out of 36 items (100%), quality of KIA book fillingand medical records an average of 54%, the quality of information reception and patientperceptions expressed satisfaction with the service at RSCM.Conclusion: The quality of filling KIA books and the completeness of medical recordsat RSCM according to the Feedback Instrument for Data Collection of Quality of HealthServices for Mothers and Newborns is still very poor. The perception of pregnant womeninterviewed in this study shows a satisfying perception of the service and quality ofantenatal care services at RSCM. The findings that are not in accordance with the standardare partly due to the incompatibility of the instrument standards with the RSCM standardas a type A referral hospital. |
SP-Dalri Muhammad Suhartomo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T58943 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 205 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T58943 | 16-21-70267093 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503968 |