:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Produktivitas dan kandungan Nutrien (N dan P) serasah avicennia sp. di kawasan pertambakan Blanakan, Subang, Jawa Barat = Productivity and nutrient content of avicennia sp. leaflitter in Blanakan ponds, Subang, West Java

Qurrota A`yun; Noverita Dian Takarina, supervisor; Tuty Handayani, supervisor; Dewi Susiloningtyas, examiner; Wisnu Wardhana, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Tambak di Blanakan, Subang merupakan tambak tradisional yang mengandalkan pakan alami sebagai pakan biota. Oleh karena itu keberadaan serasah mangrove sangat penting bagi tambak di Blanakan, karena dapat meningkatkan produktivitas dan kesuburan tambak. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghitung produktivitas dan kandungan nutrien (N dan P) pada serasah Avicennia sp. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei dan Agustus 2018 dan bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan kandungan nutrien (N dan P) pada serasah Avicennia sp. serta hubungan antara kedua faktor tersebut dan parameter lingkungan. Pengambilan sampel dilakukan di pertambakan Blanakan, Subang, Jawa Barat pada siang hari dan menggunakan littertrap untuk menampung serasah pada masing - masing tambak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah produksi serasah yang diproduksi oleh Tambak 1 yaitu 2,15 gr/m2/hari, Tambak 2 yaitu 2 gr/m2/hari dan Tambak 3 yaitu 1,7 gr/m2/hari. Berdasarkan analisis korelasi menunjukkan terdapat korelasi yang lemah antara variabel independen (produktivitas serasah mangrove dan parameter lingkungan) dengan kandungan N dan P. Namun dilain sisi, terdapat korelasi yang kuat antara curah hujan dengan kandungan P.

Blanakan ponds are traditional brackish water ponds that rely on natural feed for biota. Therefore the existence of mangrove leaflitter is very important for Blanakan ponds, because it can increase productivity and fertility of ponds. The purpose of this research is to calculate productivity and nutrient content (N and P) of Avicennia sp. leaflitter. This research was conducted in April, Mei and August 2018 and aimed to determine the relationship between the productivity of mangrove and nutrient content (N and P) of Avicennia sp. litterfall. Samples were collected in Blanakan, Subang, West Java, using leaflitter trap in each ponds.
The result showed that the amount of leaflitter produced by Pond 1 was 2,15 gr/m2/day, Pond 2 was 2 gr/m2/day and Pond 3 was 1,7 gr/m2/day. Based on correlation analysis it showed that there were weak correlation between independent variabel (the production of mangrove and environment parameter) and nutrien (N and P) content. However there was strong correlation between rainfall and nutrien (P) content.

 File Digital: 1

Shelf
 Qurrota A'yun.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xiv, 41 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-390442788 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503985