Peran Occupational Future Time Perspective sebagai Mediator pada Hubungan antara Job Control dan Pembelajaran Informal pada Karyawan Senior = The Role of Occupational Future Time Perspective as a Mediator in the Relationship Between Job Control and Informal Learning on Older Workers
Rizka Maulani Putri;
Purba, Debora Eflina, supervisor; Lucia Retno Mursitolaksmi, examiner; Dyah Triarini Indirasari, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)
|
Pada berbagai studi sebelumnya, ditemukan kritik pada model penelitian antara job control dan pembelajaran informal karena kurang menekankan mekanisme psikologis dalam menjelaskan hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh occupational future time perspective dalam memediasi hubungan antara job control dan pembelajaran informal pada karyawan senior dengan menggunakan teori Cognitive Affective Processing Sytem (CAPS) dalam menjelaskan model mediasi. Partisipan merupakan karyawan senior dari berbagai perusahaan swasta dan BUMN di Indonesia (N=183). Data dianalisis menggunakan PROCESS macro Hayes pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan occupational future time perspective memediasi hubungan antara job control dan pembelajaran informal secara signifikan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi organisasi dalam merencanakan program seperti career planning untuk meningkatkan occupational future time perspective dan pembelajaran informal pada karyawan senior. |
![]()
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer (rdacomputer) |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 55 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-22-24655657 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20504147 |