:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi komunikasi tim proyek virtual pada Nokia = Analysis of factors influencing communication technology user acceptance on virtual project team at Nokia Indonesia

Ikhsan Nurcahya; Wahyu Catur Wibowo, supervisor; Anna Yuliarti Khodijah, supervisor; Sensuse, Dana Indra, examiner; Achmad Nizar Hidayanto, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Sejak teknologi internet masuk di Indonesia di awal tahun 1990, perkembangan teknologi komunikasi telah mengubah cara bagaimana para pemangku kepentingan berinteraksi dalam organisasi proyek. Penggunaan teknologi komunikasi berbasis komunikasi data telah memudahkan interaksi orang-orang yang terlibat dalam sebuah tim proyek virtual yang cakupan wilayahnya tersebar di lokasi yang berjauhan. Memandang komunikasi sebagai faktor penting dalam kesuksesan sebuah proyek, melalui program Connected Employee perusahaan berupaya menyediakan teknologi yang dapat mendukung komunikasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Namun teknologi tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara optimal oleh penggunanya terbukti dari jumlah pengguna aktif tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penerimaan pengguna teknologi komunikasi dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dikombinasikan dengan Media Richness Theory (MRT). Responden merupakan manajer dan koordinator proyek memiliki tim virtual. Terdapat 3 variabel yang diuji terhadap 76 responden dan dianalisis dengan metode PLS-SEM. Analisis menunjukkan bahwa faktor persepsi kekayaan media (PMR) berpengaruh pada persepsi kemudahan penggunaan (PEOU) yang berdampak positif pada keinginan/minat menggunakan teknologi komunikasi. Penulis berharap agar hasil penelitian dapat dijadikan acuan dan rekomendasi strategi perusahaan dalam menyusun kebijakan penggunaan teknologi komunikasi sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh karyawan Nokia Indonesia.

Since internet technology entered Indonesia in the early 1990s, the development of communications technology has changed the way in which stakeholders interact within the project organization. The use of data communication-based communications technology has facilitated the interaction of people involved in a virtual project team whose coverage is scattered in remote locations. Viewing communication as an important factor in the success of a project, through the Connected Employee program the company seeks to provide technology that can
support communication and collaboration among stakeholders. However, the technology has not been exploited optimally by its users as evidenced by the number of active users are not as expected. This research aims to find out user acceptance of communication technology by using Technology Acceptance Model (TAM) combined with Media Richness Theory (MRT). Respondents are managers and project coordinators with virtual teams. There are 3 variables tested against 76 respondents and analyzed by PLS-SEM method. The analysis shows that the perceived media richness (PMR) influence the perceived of ease of use (PEOU) which positively impact on the intention to use communication technology. The author hopes that the results of research can be used as a reference and recommendation of corporate strategy in preparing the policy of the use of communication technology that can benefit to all employees of Nokia Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-pdf-Ikhsan Nurcahya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xii, 172 pages : illustrations ; 28 cm + append
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-29032149 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20504190