:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan Strategi Peningkatan Kinerja Rantai Pasok di Perusahaan Pelumas pada Divisi Produksi Menggunakan SCOR dan IPA = Designing Supply Chain Performance Improvement Strategies on Lubricant Company Production Division using SCOR and IPA

Amal Vega Pradana; Fauzia Dianawati, supervisor; M. Dachyar, examiner; Farizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur performa rantai pasok pada perusahaan manufaktur pelumas di Indonesia dengan tujuan untuk merancang strategi yang dapat meningkatkan performa kinerja rantai pasok mereka. Kerangka Supply Chain Operations Reference (SCOR) digunakan sebagai metode pengukuran kinerja, metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk melakukan pembobotan pada setiap indikator, serta sistem pengelompokkan Traffic Light System untuk mengkategorikan kinerja berdasarkan warna. Pengukuran performa kinerja rantai pasok perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi rantai pasok dari suatu perusahaan sebagai landasan dilakukannya perbaikan. Perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan pada permasalahan di divisi produksi yang berkaitan dengan daya saing perusahaan. Tingkat kepentingan pada indikator kerja diukur berdasarkan pembobotan dengan basis kuisioner oleh beberapa tenaga ahli dalam perusahaan tersebut. Terdapat 43 indikator kinerja (KPI) yang diukur dan terbagi dalam perpektif model SCOR pada tiap levelnya. Hasil pengukuran mengindikasikan performa kinerja rantai pasok perusahaan pada tahun 2019 masuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata 72,53%. Setelah itu KPI dipetakan ke dalam kuadran Importance Performance Analysis (IPA), untuk mendapatkan KPI yang sekiranya memiliki performa yang kurang baik dan tingkat kepentingan yang cukup besar untuk diperbaiki. Dari hasil IPA, didapatkan 7 KPI pada rantai pasok perusahaan yang kinerjanya perlu ditingkatkan. Berdasarkan literatur dan diskusi dengan tenaga ahli, didapatkan 9 usulan strategi perbaikan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan performa kinerja rantai pasok di divisi produksi.

This research was conducted to measure overall supply chain performance on lubricant company production division with the aim of designing strategies to improve supply chain performance. Supply Chain Operations Reference (SCOR) framework is used as performance measurement method, Analytical Hierarchical Process (AHP) method to weight each indicator, and Traffic Light System to categorize the supply chain performance value based on color. Supply chain performance measurement needed to be done to determine the condition of supply chain of the company as the basis for improvement. Improvements made in this study were carried out for the problems occurred in production division that are related to the company’s competitiveness. The level of importance of the performance indicator is measured by questionnaire to the experts in the company. There are 43 key performance indicator (KPI) measured and breakdowned into SCOR model persepectives at each level. The measurement results indicate that the company’s production division supply chain performance in 2019 is categorized as “good” with the average value of 72,53%. After that, the KPI is mapped into the Importance Performance Analysis (IPA) quadrant to obtain KPIs that has poor performance and level of importance that is high enough to be improved. From the Importance Performance Analysis (IPA) results, there are 7 KPI from the production division that need to be improved. Based on literature and experts discussion, 9 proposed improvement strategies are obtained to improve the supply chain performance in production division.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Amal Vega Pradana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 94 pages : illustration : appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-97122711 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20504739