:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan Peta Potensi Likuifaksi Kota Palu dengan Parameter Kecepatan Gelombang Geser (Vs) = Developing of Liquefaction Potential Map by Shearwave Velocity Parameters (Vs).

Hanif Audina Rahmawati; Widjojo Adi Prakoso, supervisor; Wiwik Rahayu, examiner; Tommy Ilyas, examiner; Damrizal Damoerin, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Gempa yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 di Kota Palu mengakibatkan terjadinya fenomena likuifaksi. Penyebab likuifaksi adanya kepadatan tanah yang rendah yang merupakan nilai relative density. Salah satu parameter untuk mengeveluasi terjadinya likuifaksi adalah dengan kecepatan gelombang geser tanah (Vs). Kelas situs Kota Palu yang termasuk dalam kelas situs SD memberikan hasil seharusnya dikota Palu tidak terjadi Likuifaksi namun tetap terjadi likuifaksi oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan Vs pada kedalaman yang dangkal yaitu Vs3, dan Vs5. Setelah dilakukan perhitungan parameter likuifaksi yakni CRR dan CSR yang kemudian di komparasi dengan Peta Kerusakan Geologi Permukaan maka parameter pembuatan peta yang cocok adalah Vs3, karena jumlah TRUE POSITIVE yang banyak dan menggambarkan keadaan tanah dangkal dengan tepat, yakni very loose, loose hingg medium dense, dengan luasan yang paling besar adalah very loose to loose pada peta bagian timur dan tengah.

ABSTRACT
Palu earthquake occurred on 28 September 2018 caused severe liquefaction damages for the city. One of Parameter effected liquefaction was the compactness of soil is low with low relative density value. The Palu City site class classified in the SD site class gives results that liquefaction shouldn't be occured but for the real there is the liquefaction damage, therefore it is necessary to calculate Vs at shallow depths, Vs3 and Vs5. After calculating the liquefaction parameters CRR and CSR which are then compared to the Surface Geological Damage Map, the suitable parameter to develop liquefaction potential map wass Vs3, because of the large number of TRUE POSITIVES and accurately shallow soil conditions, is very loose, loose to medium dense, and the largest area is very loose to loose on the map east and center.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Hanif Audina Rahmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 71 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-42378283 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505099