:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis metafora dalam album 130 Mood : TRBL karya Dean = Metaphor analysis in Dean's album 130 Mood : TRBL

Dwi Nadiyah Febriani; Putu Pramania Adnyana, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Metafora digunakan untuk menggambarkan suatu konsep yang abstrak dengan konsep lain yang lebih mudah dan mudah dipahami. Penelitian ini membahas mengenai jenis-jenis dan makna metafora yang ada di dalam lagu karya Dean dalam album 130 MOOD : TBRL. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan jenis metafora dan makna dalam metafora yang terdapat di dalam lirik lagu karya Dean. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Metafora Lakoff dan Johnson (2003) dan menggunakan prosedur identifikasi metafora Pragglejazz (2007). Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metafora yang dominan digunakan dalam album ini adalah metafora ontologis, kemudian diikuti oleh metafora struktural dan metafora orientasional. Metafora struktural digunakan untuk menggambarkan perasaan seseorang dengan melibatkan tindakan fisiologis dan perilaku yang terlihat. Metafora orientasional digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih. Sedangkan metafora ontologis digunakan untuk menggambarkan konsep pikiran, hati, emosi, dan suatu kegelapan memiliki sifat yang konkret.

The metaphor is used to describe an abstract concept with other concepts that are easier and easier to understand. This study discusses the types and meanings of the metaphors contained in Dean's song in the album 130 MOOD: TBRL. This study aims to identify the types of metaphors and meanings in the metaphors contained in Dean's song lyrics. The theory used in this research is the Lakoff and Johnson Metaphorical Theory 2003 and uses the 2007 Pragglejazz metaphor identification procedure. The method used by the authors in this study is descriptive qualitative analysis method. The results of this study indicate that the dominant metaphors used in this album are ontological metaphors, followed by structural metaphors and orientational metaphors. Structural metaphors are used to describe one's feelings by involving physiological actions and visible behavior. Orientational metaphors are used to describe feelings of sadness. Whereas the ontological metaphor is used to describe the concept of mind, heart, emotions, and a darkness that has concrete properties.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Dwi Nadiyah Febriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 30 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-687977604 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505275