Eksplorasi Anak secara Intensif terhadap Elemen-elemen pada Lingkungan Alam = Intense Child Exploration of the Elements in Natural Environment
Dyafitri Awalyah Eyaputri;
Paramita Atmodiwirjo, supervisor; Kristanti Dewi Paramita, examiner; Rini Suryantini, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)
|
Skripsi ini membahas eksplorasi anak terhadap elemen pada lingkungan alamyang dapat dijelaskan melalui sebuah mekanisme berbentuk siklus yang terdiri dariperceive, act, feedback, dan reflect. Mekanisme tersebut bertujuan untuk menjelaskanproses dan hubungan timbal balik antara anak dan elemen alam. Pengalaman yangbersifat eksploratif bergantung pada intensitas pengalaman yang dapat dijelaskansebagai hubungan antara manusia dan intensitas di sekitar yang saling mempengaruhi.Lingkungan alam yang mendukung aktivitas eksplorasi memiliki keragaman yangbervariasi, seperti adanya elemen alami dan makhluk hidup beserta ekosistemnya,dengan karakter fisik yang dapat diubah dan digunakan oleh anak. Studi kasus diperolehmelalui beberapa sumber berupa narasi dan hasil observasi dalam artikel ilmiah, sertacuplikan program televisi mengenai aktivitas bermain di lingkungan alam. Berdasarkankajian teori dan studi kasus, ditemukan bahwa aspek yang berperan dalam intensitaseksplorasi dapat diidentifikasi melalui hasil refleksi, karakteristik elemen alam danketerlibatan kemampuan sensorik pada tiap tahap. This thesis discusses the children‟s exploration of elements in naturalenvironments which can be explained through a cyclic mechanism consisting of:perceive, act, feedback, and reflect stage. Such mechanism aims to unravel the process,as well as the transactional relationship between children and natural elements.Meanwhile, explorative experience depends on the reciprocal relationship betweenhuman and the intensity of their surroundings that affects each other. Characteristic ofthe natural environment which supports exploratory activity has various types. Forinstance, natural elements as well as living objects with their ecosystems, which havephysical characteristics that can be changed and used by children. Author obtained thecase studies through narration and observation results from scientific articles, along witha footage of television program showing children playing in the natural environment.The findings obtained from theoretical and case studies show that several aspects whichaffect the intensity of exploration are: the results of reflection stage, characteristic ofnatural elements, and the involvement of sensory capabilities in each mechanism stage. |
S-Dyafitri Awalyah Eyaputri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | lib ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | xiii, 48 pages ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-pdf | 14-22-30098838 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506079 |