:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Eksplorasi Anak secara Intensif terhadap Elemen-elemen pada Lingkungan Alam = Intense Child Exploration of the Elements in Natural Environment

Dyafitri Awalyah Eyaputri; Paramita Atmodiwirjo, supervisor; Kristanti Dewi Paramita, examiner; Rini Suryantini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Skripsi ini membahas eksplorasi anak terhadap elemen pada lingkungan alam
yang dapat dijelaskan melalui sebuah mekanisme berbentuk siklus yang terdiri dari
perceive, act, feedback, dan reflect. Mekanisme tersebut bertujuan untuk menjelaskan
proses dan hubungan timbal balik antara anak dan elemen alam. Pengalaman yang
bersifat eksploratif bergantung pada intensitas pengalaman yang dapat dijelaskan
sebagai hubungan antara manusia dan intensitas di sekitar yang saling mempengaruhi.
Lingkungan alam yang mendukung aktivitas eksplorasi memiliki keragaman yang
bervariasi, seperti adanya elemen alami dan makhluk hidup beserta ekosistemnya,
dengan karakter fisik yang dapat diubah dan digunakan oleh anak. Studi kasus diperoleh
melalui beberapa sumber berupa narasi dan hasil observasi dalam artikel ilmiah, serta
cuplikan program televisi mengenai aktivitas bermain di lingkungan alam. Berdasarkan
kajian teori dan studi kasus, ditemukan bahwa aspek yang berperan dalam intensitas
eksplorasi dapat diidentifikasi melalui hasil refleksi, karakteristik elemen alam dan
keterlibatan kemampuan sensorik pada tiap tahap.

This thesis discusses the children‟s exploration of elements in natural
environments which can be explained through a cyclic mechanism consisting of:
perceive, act, feedback, and reflect stage. Such mechanism aims to unravel the process,
as well as the transactional relationship between children and natural elements.
Meanwhile, explorative experience depends on the reciprocal relationship between
human and the intensity of their surroundings that affects each other. Characteristic of
the natural environment which supports exploratory activity has various types. For
instance, natural elements as well as living objects with their ecosystems, which have
physical characteristics that can be changed and used by children. Author obtained the
case studies through narration and observation results from scientific articles, along with
a footage of television program showing children playing in the natural environment.
The findings obtained from theoretical and case studies show that several aspects which
affect the intensity of exploration are: the results of reflection stage, characteristic of
natural elements, and the involvement of sensory capabilities in each mechanism stage.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dyafitri Awalyah Eyaputri.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiii, 48 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-30098838 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506079