Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur review atas laporan keuangan yang dilakukan oleh KAP SCH dalam mempersiapkan proses IPO yang akan dilakukan oleh PT GHI dari sisi akuntansi. PT GHI merupakan perusahaan yang bergerak di industri pembangkit listrik bertenaga minihidro dan memiliki beberapa entitas anak dengan model bisnis serupa. Pada perikatan dengan PT GHI ini, KAP SCH bertugas untuk memastikan kesesuaian pelaporan keuangan PT GHI dan entitas anaknya terhadap ketentuan-ketentuan PSAK terkait dalam rangka persiapan IPO tersebut. Salah satu isu yang timbul adalah adanya penggunaan standar akuntansi SAK ETAP pada salah satu entitas anak, PT XYZ, sehingga diperlukan penyesuaian kepada PSAK Umum. Adapun prosedur-prosedur yang dilakukan dan menjadi subyek evaluasi adalah: 1) prosedur penilaian kesenjangan atas PSAK Umum dan SAK ETAP untuk PT XYZ; 2) prosedur penghapusan saldo yang tidak memiliki informasi pendukung pada PT XYZ; 3) prosedur penyusunan draf disclosure checklist untuk Grup GHI; 4) prosedur penyusunan draf template laporan keuangan Grup GHI; dan 5) prosedur penyusunan draf kebijakan akuntansi Grup GHI. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur yang dilakukan secara garis besar telah sesuai dengan PSAK. Meskipun begitu, KAP SCH perlu untuk turut mempertimbangkan kesesuaian template laporan keuangan dengan model bisnis spesifik entitas serta menyertakan PSAK yang berlaku setelah tahun 2018 pada draf kebijakan akuntansi. Selain itu, laporan ini juga membahas refleksi diri atas aktivitas magang dan penulisan laporan magang yang dilakukan.
This internship report discusses the evaluation of KAP SCH’s review procedures on financial statements in preparing the IPO process underwent by PT GHI in terms of accounting. PT GHI is a mini-hydropower plant company which has several subsidiaries with similar business model. In this engagement with PT GHI, KAP SCH is responsible to ensure the compliance of PT GHI and its subsidiaries’ financial reporting against the prevailing PSAKs for its IPO preparation. One of the arising issues is the use of SAK ETAP accounting standard at one of the subsidiaries, PT XYZ, resulting in needed adjustment to General PSAK. The procedures performed and subject to this evaluation are: 1) gap assessment procedures on General PSAK and SAK ETAP for PT XYZ; 2) write-off procedures on account balances without supporting information for PT XYZ; 3) procedures for preparing draft of disclosure checklist for GHI Group; 4) procedures for preparing draft of GHI Group’s financial statements template; and 5) procedures for preparing draft of GHI Group’s accounting policies. Based on the evaluation, the procedures carried out in general have complied with the prevailing PSAKs. However, KAP SCH needs to take into account the appropriateness of financial statements template towards entity-specific business model as well as includes the PSAKs which will be effective after 2018 in the draft of accounting policies prepared. In addition, this report also discusses the self-reflection based on the internship activities and the writing process undertook. |