:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan internet dan jumlah anak ideal di Indonesia (Analisis Data SDKI 2017) = Internet usage and ideal number of children in Indonesia (The Analiysis of the 2017 Indonesia Demographic and Health Survey Data)

Yasmin Fitriana Imanuddin; Samosir, Omas Bulan, supervisor; Riatu Mariatul Qibthiyyah, examiner; Wongkaren, Turro Selrits, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penggunaan internet di Indonesia memiliki tren yang terus meningkat setiap tahun. Informasi yang ada di dalam internet dianggap dapat mempengaruhi cara berpikir dan perilaku penggunanya. Hal ini terlihat, antara lain, pada jumlah anak yang diinginkan oleh wanita pengguna internet. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pola dan perbedaan jumlah anak ideal menurut wanita di Indonesia menurut penggunaan internet dan pengaruh penggunaan internet terhadap jumlah anak ideal menurut wanita di Indonesia setelah dikontrol terhadap pengaruh faktor sosial-ekonomi tertentu. Penelitian ini menggunakan data berdasar hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Metode yang digunakan untuk menganalisis data tersebut adalah metode analisis regresi logistik multinomial. Analisis dilakukan terhadap wanita usia subur secara keseluruhan dan wanita yang menikah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita usia subur (baik secara keseluruhan dan yang menikah) yang menggunakan internet menginginkan jumlah anak yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak menggunakan internet. Hasil studi ini dapat dijadikan acuan oleh pemangku kepentingan terkait dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang tepat dan sesuai untuk mendukung penanganan tingkat angka kelahiran di masa depan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya Internet di Indonesia.

Internet usage in Indonesia is growing rapidly each year. Information on the internet is considered to affect the way of thinking and the behaviour of its users. This can be seen, among other things, on the women internet users desired or ideal number of children. This research aims to study the patterns and differentials of the ideal number of children among women in Indonesia according to internet usage and the effect of the use of internet on womens ideal number of children in Indonesia after controlling for the effects of socio-economic factors. This study used data from the results of 2017 Indonesia Demographic and Health Survey (DHS). The method used to analyze the data is multinomial logistic regression. The analysis is conducted on all childbearing-aged women (15-49 years old) and married childbearing-aged women. The results of the study show that childbearing-aged women who used the internet wanted less children compared to those who did not use the internet. The results of this study can be used as a reference by the related stakeholders to formulate policies that support fertility level management in Indonesia using information and communication technology, the internet in particular.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Yasmin Fitriana Imanuddin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xiii, 78 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-128830972 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506547