:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dampak Stunting Terhadap Durasi Lama Sekolah pada Pendidikan Dasar di Indonesia Periode 2000-2014 = Impact of Stunting on Duration of Schooling of Basic Education in Indonesia Period 2000-2014

Robby Syaputra; Thia Jasmina, supervisor; Dwini Handayani, examiner; Ledi Trialdi, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Isu malnutrisi menjadi isu penting kesehatan di banyak negara, terutama negara
berkembang. Di antara beberapa kasus malnutrisi, stunting menjadi kasus dengan
prevalensi tertinggi untuk kelompok kasus kurang gizi. Stunting berdampak
terhadap banyak hal, salah satunya pendidikan, baik di jangka pendek maupun
jangka panjang. Studi ini membahas dampak balita stunting tahun 2000 terhadap
durasi lama sekolah pada pendidikan dasar di Indonesia. Menggunakan data cross
section dengan sumber data IFLS tahun 2000 hingga 2014, analisis ini dilakukan
dengan metode Regresi Linear Multivariable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
stunting tidak signifikan mempengaruhi durasi lama sekolah. Variabel lain seperti
jumlah saudara kandung dan status bekerja berpengaruh positif dan signifikan serta
pendidikan ayah dan tempat tinggal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
durasi lama sekolah.

Malnutrition issues is an important health issue in many countries, especially in
developing countries. Among the few malnutrition cases, stunting becomes the case
with the highest prevalence for undernutrition case groups. Stunting affects many
things, one of them is education, both in the short and long term. This study analyses
the impact of stunting children in 2000 on the duration of schooling of basic
education in Indonesia. Using cross-section data with IFLS data sources from 2000
to 2014, this analysis was conducted with a Multivariable Linear regression
method. The results showed that stunting did not significantly affect the duration of
schooling of basic education. Other variables such as the number of siblings and
working status have positive and significant effects. Also, father's education and
residence have negative and significant impact on the duration of schooling.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Robby Syaputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 44 pages: illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-50288771 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506633