:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kontribusi Openness dan Agreeableness terhadap Toleransi pada Emerging Adulthood Minangkabau yang Merantau dan Tidak Merantau = Contribution of Openness and Agreeableness to Tolerance in Emerging Adulthood Minangkabau who Merantau and Not Merantau

Azmia Nauvalla; Sri Redatin Retno Pudjiati, supervisor; Guritaningsih, examiner; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Toleransi dipengaruhi oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal yang berasal dari keluarga serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi dari openness dan agreeableness terhadap toleransi dalam konteks budaya Minangkabau serta membandingkan antara yang merantau dan yang tidak merantau. Sebanyak 255 partisipan yang berada dalam tahap perkembangan emerging adulthood berpartisipasi dalam penelitian ini. Miville-Guzman Universality Diversity Scale Short Form digunakan untuk mengukur toleransi dan Big Five Inventory pada dimensi openness dan dimensi agreeableness untuk mengukur openness dan agreeableness. Analisa menggunakan multiple regression untuk melihat kontribusi openness dan agreeableness terhadap toleransi pada emerging adulthood Minangkabau yang merantau dengan yang tidak merantau, serta menggunakan independent sample t test untuk membandingkan tingkat toleransi di antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi openness dan agreeableness baik secara sendiri sendiri maupun bersama sama terhadap toleransi pada emerging adulthood Minangkabau yang merantau dan yang tidak merantau. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak ada perbedaan pada tingkat toleransi antara kedua kelompok.

ABSTRACT
Tolerance is influenced by internal factors that come from within individuals and external factors that come from the family and the environment. This study aims to look at the contribution of openness and agreeableness to tolerance in the Minangkabau cultural context and to compare between merantau and not merantau. A total of 255 participants who were in the development stage of emerging adulthood participated in this study. Miville Guzman Universality Diversity Scale Short Form is used to measure tolerance and Big Five Inventory on openness dimensions and agreeableness dimensions to measure openness and agreeableness. The analysis uses multiple regression to see the contribution of openness and agreeableness to tolerance in emerging adulthood Minangkabau merantau and not merantau, as well as using independent sample t tests to compare tolerance levels between the two groups. The results showed that there was a contribution of openness and agreeableness both individually and together towards tolerance in emerging adulthood Minangkabau who merantau and not merantau. In this study also found that there was no difference in the level of tolerance between the two groups.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Azmia Nauvalla.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 42 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-48981762 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506752