:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Resiliensi dengan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam = Relationship of Resilience with Future Anxiety in Islamic Communication and Broadcasting Student

Hana Mutia; Giur Hargiana, supervisor; Daulima, Novy Helena Catharina, examiner; Atik Puji Rahayu, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan dalam bidang ketenagakerjaan. Pengangguran sarjana yang telah meningkat di tahun 2019, diprediksi semakin meningkat akibat adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020. Kondisi tersebut memicu kekhawatiran mahasiswa terhadap masa depan yang disebut sebagai kecemasan menghadapi masa depan. Dalam hal ini, resiliensi berperan sebagai salah satu faktor protektif yang berperan dalam menginterpretasikan kecemasan pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dengan kecemasan menghadapi masa depan. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional kepada mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (n=238) Universitas Ibn Khaldun Bogor. Penelitian menggunakan kuesioner Connor-Davidson Resilience Scale 10 untuk mengukur resiliensi dan Future Anxiety Scale untuk mengukur kecemasan menghadapi masa depan. Analisis data bivariat antara resiliensi dengan kecemasan menghadapi masa depan menggunakan Pearson product-moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara resiliensi dengan kecemasan menghadapi masa depan (-0,379). Penelitian ini merekomendasikan asuhan keperawatan jiwa yang mengacu pada peningkatan resiliensi mahasiswa sehingga diharapkan dapat mengurangi kecemasan mahasiswa dalam menghadapi masa depan.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Hana Mutia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 75 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-30471681 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506773