ABSTRAKPraktik klinik sebagai bagian integral dari pendidikan keperawatan memberikan mahasiswa keperawatan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman klinis dalam keterampilan dan prosedur keperawatan, salah satunya dalam pemenuhan kebutuhan dasar pasien. Mahasiswa juga dapat memperdalam bagian teoritis keperawatan dalam lingkungan klinis kehidupan nyata. Mahasiswa dalam praktiknya, terkadang tidak melaksanakan pemenuhan kebutuhan dasar pada pasien. Keterlaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar dalam praktiknya disebabkan berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlaksanaan praktik pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa keperawatan. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional. Sampel penelitian yaitu dengan teknik purposive non-random sampling sebanyak 202 responden mahasiswa keperawatan yang sedang melakukan praktik klinik. Hasil uji penelitian menunjukkan faktor internal yang berhubungan dengan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa yang sedang praktik klinik yaitu usia, angkatan, program studi, pengetahuan, keterampilan, sikap, motivasi, serta nilai dan norma (p < 0,001), sedangkan faktor eksternal yang berhubungan dengan pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien oleh mahasiswa yang sedang praktik klinik yaitu komunikasi, sumber daya material, dan sumber daya manusia (p < 0,001). Institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan diharapkan dapat melakukan edukasi dan kegiatan lain yang sesuai terkait pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien, sehingga meminimalisir adanya gangguan dalam pelaksanaan pemenuhan kebutuhan dasar pasien. ABSTRACTClinical practice as an integral part of nursing education offers nursing students the opportunity to gain clinical experience in nursing skills and procedures, including implementing the patient's basic needs, as well as deepening the theoretical part of nursing in a real-life clinical environment. Sometimes when the nursing students in clinical practice, they missed to implementing the patient's basic needs. Basic needs in practice are influenced by several factors, both external and internal factors. The purpose of this study is to identify factors related to the implementation of the practice of meeting the basic needs of patients by nursing students. The study design was cross-sectional. 202 nursing student respondents who are doing clinical practice selected through purposive non-random sampling technique. The results showed internal factors related to the implementation of the patient's basic needs by nursing students who were in clinical practice, specifically age, batch, educational program level, knowledge, skills, attitudes, motivation, including values and norms (p < 0.001). In addition, external factors related to implementation of the patient's basic needs by nursing students who were in clinical practice, specifically communication, material resources, and human resources (p <0.001). Educational institutions and nursing services are expected to be able to carry out education and other relevant activities related to the implementation of the patient's basic needs, thereby minimizing the disruption in the implementation of the patient's basic needs. |