:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Edukasi Berulang Mengenai Ketepatan Penggunaan Obat Inhalasi Terhadap Kualitas Hidup Pasien PPOK di RS Grha Permata Ibu Depok = The Effect of Repeated Education of Inhaler Technique on Quality of Life in Patients with COPD at Grha Permata Ibu Depok Hospital

Raiza Aulia Madani; Rani Sauriasari, supervisor; Anna Rozaliyani, supervisor; Arry Yanuar, examiner; Heri Setiawan, examiner; Larasati Arrum Kusumawardani, examiner (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Edukasi berulang mengenai penggunaan obat inhalasi yang tepat dapat mengurangi tingkat kesalahan pasien dalam menggunakan obat inhalasi yang berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup pasien PPOK. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian edukasi berulang terhadap kualitas hidup pasien PPOK dari Februari 2020 sampai Juni 2020. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental yang dilakukan secara prospektif di Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok. Subjek penelitian sebanyak 22 pasien diperiksa kualitas hidupnya dengan menggunakan kuesioner CAT (COPD Assessment Test). Kemudian pasien diberikan edukasi verbal langsung mengenai penggunaan obat inhalasi yang tepat. Satu bulan kemudian pasien diberikan edukasi kedua berupa video daring yang dikirimkan ke setiap pasien melalui aplikasi Whatsapp. Pemeriksaan kualitas hidup terakhir dan penilaian ketepatan penggunaan obat inhalasi dilakukan 3 bulan setelah pemeriksaan awal. Hasil rerata skor CAT sebelum dan sesudah pemberian edukasi berulang menunjukkan adanya penurunan 2 poin (12,8 ± 1,3 vs 10,8 ± 2,0). Sebanyak 63,6% pasien masih melakukan kesalahan dalam menggunakan obat inhalasi meskipun sudah diedukasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa edukasi berulang dengan demonstrasi secara langsung dan penggunaan video mengenai ketepatan penggunaan obat inhalasi dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup pasien PPOK.

ABSTRACT
Repeated education about proper inhalation drug technique can minimize rate of errors in inhaler-using patients and affect the QoL of COPD patients. This study aims to examine the effect of repeated education to the QoL of COPD patients from February 2020 to June 2020. Pre-experimental method and prospective study at Grha Permata Ibu Depok Hospital was conducted for this study. QoL from 22 patients were examined using the CAT questionnaire (COPD Assessment Test). Furthermore all patients are given direct verbal education about proper inhalation drugs technique. One month later, online videos were sent via Whatsapp for each patients as second education. Last check of QoL and examination of inhaler technique is done within 3 months after the initial examination. The average CAT score before and after repeated education showed the decreasing by 2 points (12.8 ± 1.3 vs. 10.8 ± 2.0). CAT score were analyzed using the Wilcoxon test. The result showed that there was no significant difference (p> 0.05) between CAT scores before and after repeated education. Despite being educated, 63.6% of total patients still using inhaler inappropriately. It can be concluded that repeated education about proper inhalation drugs technique can contribute in improving the QoL of COPD patients.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Raiza Aulia Madani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 51 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-23808015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20506986