:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kompleksitas Permasalahan Ibu dengan HIV/AIDS Ditinjau dari Identitasnya Sebagai Orang Dengan HIV/AIDS, Sebagai Perempuan, dan Sebagai Ibu Serta Strategi Coping yang Digunakan Dalam Menghadapi Permasalahannya = The Problem's Complexity of Mothers Living with HIV/AIDS Viewed from Their Identity as People Living with HIV/AIDS, as Woman, and as Mother, an The Coping Strategies They Used in Facing the Problems

Elsya Sakillah; Johanna Debora Imelda, supervisor; Coriesta Dian Sulistiani, examiner; Ety Rahayu, examiner; Arif Wibowo, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang gambaran permasalahan ibu dengan HIV/AIDS yang ditinjau dari identitasnya sebagai Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), identitasnya sebagai perempuan, dan identitasnya sebagai ibu beserta dengan sumber daya dan strategi coping yang digunakan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Terkait dengan permasalahan sebagai ODHA, penelitian ini akan membahas beberapa permasalahan yang dihadapi ODHA seperti permasalahan fisik, permasalahan psikologis, dan permasalahan psikososial. Terkait dengan permasalahan sebagai perempuan, akan dibahas mengenai stereotip gender dan juga pengaruhnya terhadap kerentanan perempuan terhadap infeksi HIV. Selanjutnya terkait dengan identitasnya sebagai ibu akan dibahas mengenai konstruksi sosial terhadap ibu dan juga kerentanan ibu dengan HIV terhadap kekerasan dalam rumah tangga dan juga perceraian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di mana setiap kasus akan menggambarkan situasi dan karakteristik yang berbeda, sehingga pada akhir penelitian dapat ditarik kesimpulan dari beberapa kasus yang dikaji. Informan ibu dengan HIV/AIDS pada penelitian ini didapatkan melalui metode snowball sampling di mana setiap informan juga tergabung di dalam LSM yang bergerak di bidang HIV/AIDS yang membuat informan bisa lebih terbuka di dalam penelitian ini.

ABSTRACT
This thesis discusses the description of the problem of mothers living with HIV / AIDS in terms of her identity as a person living with HIV / AIDS (PLWHA), her identity as a woman, and her identity as a mother along with the resources and coping strategies they used in dealing with these problems. Related to problems as PLWHA, this study will discuss several problems faced by PLWHA such as physical problems, psychological problems, and psychosocial problems. Related to the problem as a woman, gender stereotypes will be discussed as well as their effects on women's vulnerability to HIV infection. Furthermore, related to her identity as a mother, the social construction of mothers will be discussed as well as the vulnerability of mothers with HIV to domestic violence and divorce. This study uses a qualitative approach to the type of case study research in which each case described different situations and characteristics, so at the end of the study, conclusions can be drawn from several cases studied. The informants of mothers living with HIV / AIDS in this study were obtained through the snowball sampling method in which each informant was also incorporated in NGOs engaged in the field of HIV / AIDS which made informants more open to the researcher in this study.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Elsya Sakillah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 150 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-88557731 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507155