:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Bunuh Diri Altruistik oleh Teroris di Indonesia = Altruistic Suicide by Terrorist in Indonesia.

Theresia Cyrena; Adrianus E. Meliala, supervisor; Vinita Susanti, examiner; Yudiana Ratnasari, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Bunuh diri altruistik adalah istilah yang diperkenalkan oleh Durkheim dalam monografinya Suicide, yang mana menekankan pada adanya integrasi yang tinggi antara aktor bunuh diri dengan kelompok sosialnya. Sementara jika dilihat dari konsep altruistik, merupakan konsep aktualisasi diri tertinggi seorang dewasa dengan menjadi berguna bagi orang lain, yang dijadikan golden moral di beberapa kultur dan kepercayaan. Konsep-konsep ini menjadi berbenturan ketika dilekatkan pada konteks terorisme, yang memakan korban tidak hanya pelaku bunuh diri itu sendiri tapi juga orang lain, baik sipil maupun kombatan. Penelitian ini hendak mengulas apakah benar bunuh diri yang dilakukan oleh teroris adalah bunuh diri altruistik, dilihat dalam sudut pandang kriminologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semiterstruktur pada pengamat dari kalangan akademisi dan praktisi, serta melakukan kajian kepustakaan terhadap kasus-kasus bunuh diri yang dilakukan teroris di Indonesia. Sebagai hasil, ditemukan bahwa bunuh diri altruistik pada terorisme adalah altruistik yang spesifik, yang merupakan produk dari konstruksi sosial dalam kelompok teroris, dimana menghasilkan integrasi yang tinggi sehingga mendorong seseorang mengorbankan nyawanya demi kemanfaatan kelompoknya dan kehancuran bagi kelompok lainnya.

Altruistic suicide is a term introduced by Durkheim in his monograph Suicide, which emphasized on high level of integration between the actor of suicide and his/her social group. Meanwhile if we looked to altruistic concept, is the highest self-actualization concept of an adult by being useful for others people, which this concept is became a golden moral in some culture and dogma. These concepts conflicted each other when we put into terrorism concept, which already taken victims other than perpetrators himself/herself, not only combatant but also civilian. This research is to see whether suicide by terrorist is altruistic suicide or not, seen from criminological point of view. This research used qualitative method by conducting semi-structured interview with observers from academic and practitioner, and doing literature study of suicide cases done by terrorist in Indonesia. As the result, it was found that altruistic suicide in terrorism was specific altruistic, which is product of social construction in terrorist group, where produce high level of integration that encourage someone to sacrifice his or her life for the benefit of his or her group and destruction for others group.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Theresia Cyrena.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 142 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-52847399 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507344