:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Refleksi kehidupan Mikhail Bulgakov di apartemen komunal Soviet dalam novela Manusia Berjiwa Anjing dan Telur Fatal = Reflections of Mikhail Afanasyevich Bulgakov's life in the Soviet communal apartments in the Novellas The Heart of a Dog and The Fatal Eggs

Aditya Ilhami Anwar; Thera Widyastuti, supervisor; Hendra Kaprisma, examiner; Mochamad Aviandy, examiner ([Publisher not identified] , 2020)

 Abstrak

Karya sastra dalam proses penciptaannya terkadang tidak lepas dari pandangan dunia pengarangnya. Pandangan dunia tersebut lahir akibat adanya interaksi antara pengarang dengan situasi sosial tertentu yang dihadapinya. Mikhail Bulgakov melalui novelanya yang berjudul Manusia Berjiwa Anjing) dan Роковые Яйца Telur Fatal mengkritisi kebijakan perumahan yang dilakukan oleh pemerintah Soviet, ia sering menampilkan kekurangan yang ada di apartemen komunal di dalam kedua novela. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggambaran tentang apartemen komunal yang ada di dalam novela lahir dari pandangan dunia Bulgakov dan bagaimana Bulgakov menggambarkan apartemen komunal dalam novela yang dibuatnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan dunia Mikhail Bulgakov tentang apartemen komunal dan bagaimana Bulgakov merefleksikan pandangan dunianya tersebut ke dalam novela yang dibuatnya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teori strukturalisme genetik Lucien Goldmann digunakan untuk menganalisis pandangan dunia Bulgakov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan dunia Bulgakov mempengaruhi penggambaran tentang apartemen komunal yang ada di dalam kedua novela. Apartemen komunal digambarkan oleh Bulgakov sebagai tempat tinggal yang tidak nyaman, banyak aturan dan tidak aman.
In the making of literary works, sometimes it can`t be separated from the world view of the author. The world view was born as a result of the interaction between the author with certain social situations that he/she faces. Mikhail Bulgakov through his novellas The Heart of a Dog and The Fatal Eggs criticized the housing policy carried out by the Soviet government, he often displays the shortcomings that exist in communal apartments in the two novellas. The problems in this research is whether the description of the communal apartment in the novellas was born from Bulgakov`s world view and how Bulgakov described the communal apartment in the novellas he made. This research aims to determine Mikhail Bulgakov`s world view of communal apartment and how Bulgakov reflects his world view into the novellas he made. This research is qualitative descriptive. Lucien Goldmann's genetic structuralism theory was used to analyze Bulgakov's world view. The results showed that Bulgakov`s worldview influenced the portrayal of communal apartments in both novellas. The communal apartment is described by Bulgakov as an uncomfortable place to stay, lots of rules and not safe.

 File Digital: 1

Shelf
 Mk-Aditya Ilhami Anwar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 25 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-681415818 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507573