:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktik kerja profesi Apoteker di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Apotek Atrika, dan RSCM Periode Bulan Juli-November 2019 = Internship at Puskesmas Jatinegara, Apotek Atrika, and RSCM Period July-November 2019

Ayu Rahmawati; Dyan Sulistyorini, supervisor; Rani Sauriasari, supervisor ([Publisher not identified] , 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Mahasiswa calon apoteker tentunya perlu mengetahui perannya dalam melakukan praktik pelayanan kefarmasian di puskesmas. Pelayanan kefarmasian di puskesmas diatur oleh Permenkes Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Puskesmas Kecamatan Jatinegara bertujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja, pengetahuan, gambaran dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik profesi dan pekerjaan kefarmasian serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan tenaga kesehatan lain yang bertugas di puskesmas. Tugas Khusus yang diberikan berjudul Rekapitulasi Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO), Penggunaan Obat Rasional, Penggunaan Obat Generik dan Data Pelayanan Kefarmasian Periode Januari-Maret 2019 di Puskesmas Kecamatan Jatinegara. Tujuan dari tugas khusus ini adalah untuk mengetahui 10 pemakaian obat terbanyak, persentase penggunaan antibiotik pada ISPA non pneumonia, diare non spesifik dan injeksi pada mialgia, penggunaan obat generik, pelayanan kefarmasian yang dikerjakan periode Januari-Maret 2019 di Puskesmas Kecamatan Jatinegara.

ABSTRACT
Menyadari pentingnya peran dan tanggung jawab dari seorang apoteker, maka sebagai seorang apoteker harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup di bidang kefarmasian baik teori maupun praktiknya. Melalui Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Atrika inilah gambaran nyata, pembekalan dan pengalaman dapat diperoleh bagi para calon apoteker. Calon apoteker dapat menerapkan kegiatan pelayanan kefarmasian yang sesuai dengan Permenkes 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Tugas Khusus yang diberikan berjudul Rancangan Apotek yang Berkerjasama dengan Praktik Dokter Bersama untuk Melayani Resep Program Rujuk Balik BPJS di Jakarta Selatan. Tugas khusus bertujuan agar calon apoteker dapat membuat rancangan apotek yang bekerja sama dengan praktik dokter bersama untuk melayani program rujuk balik BPJS di daerah Jakarta Selatan yang dapat dimplementasikan.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-pdf-Ayu Rahmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 251 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-21-670695346 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507876