:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tindak tutur ilokusi ekspresif dalam novel kanak-kanak(笑猫日记:从外星球来的孩子) Buku Harian Xiao Mao: Anak yang Berasal dari Luar Angkasa karya Yang Hongying = Expressive illocutionary acts in childrens novel (笑猫日记:从外星球来的孩子) Diary of a Smiling Cat: the Child from Another Planet by Yang Hongying

Michelle Marchiavanny Pietersz; Assa Rahmawati Kabul, supervisor; Dilah Kencono, examiner; A.M. Hermina Sutami, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Dalam bertutur, setiap penutur memiliki tujuan dan maksud tertentu. Tuturan tersebut seringkali berupa ekspresi pikiran dan perasaan penutur yang disebut dengan tindak tutur ilokusi ekspresif. Dalam tindak tutur ilokusi ekspresif ada kemungkinan mengandung tindak tutur ilokusi lainnya, yaitu asertif, direktif, komisif, atau deklaratif. Penelitian ini selain membahas tindak tutur ilokusi ekspresif juga membahas tindak tutur lain yang terdapat di dalamnya. Data tindak tutur ilokusi ekspresif diperoleh dari novel kanak-kanak (笑猫日记:从外星球来的孩子) Buku Harian Xiao Mao: Anak yang Berasal dari Luar Angkasa karya Yang Hongying. Selanjutnya, dari tindak tutur ilokusi ekspresif yang ditemukan akan dikaji ulang untuk mengetahui apakah ada tindak tutur ilokusi lainnya. Pada tindak tutur ilokusi lainnya yang ditemukan akan ditentukan fungsi-fungsi apa saja yang terdapat di dalamnya. Penentuan fungsi dalam tindak tutur yang ditemukan tersebut didasarkan pada daftar verba performatif Vanderveken dan Macqueen. Dalam penelitian ini, penulis menyampaikan hasil analisis secara deskriptif. Dari penelitian ini ditemukan 96 tindak tutur ekspresif yang diperoleh dalam data. Dari 96 tindak tutur ekspresif diperoleh 83 tindak tutur ilokusi asertif, 27 tindak ilokusi direktif, 14 tindak tutur komisif. Tindak tutur deklarasi tidak ditemukan dalam data. Memberi pujian adalah fungsi dalam tindak tutur yang terbanyak ditemukan dalam penelitian ini. Banyaknya fungsi memberi pujian yang ditemukan dalam data menunjukkan upaya Yang Hongying memberi contoh kepada pembaca, khususnya anak-anak, untuk menghargai orang lain melalui tuturan yang berisi pujian.

Every speaker has a certain purpose and meaning when they uttering. Those utterances are speakers` expressions about their thoughts or feelings which is called expressive illocutionary acts. There`s a possibility that expressive illocutionary acts contain other illocutionary acts such as assertives, directives, commissives, or declaratives. Besides analyzing about expressive illocutionary acts, this study also examines other illocutionary acts. Expressive illocutionary acts data was obtained from a children novel called (笑猫日记:从外星球来的孩子)Diary of a Smiling Cat: The Child from Another Planet by Yang Hongying. Afterward, the writer reexamined those expressive illocutionary acts to ascertain if there are other illocutionary acts. The writer also determined the functions of all illocutionary acts. The writer analyzed those functions based on the list of performative verbs by Vanderveken and Macqueen. In this study, the writer delivers the analysis results descriptively. From this study, there are 96 data of expressive illocutionary acts. Also, there are 83 assertive illocutionary acts, 27 directive illocutionary acts, and 14 commisive illocutionary acts from 96 data of expressive illocutionary acts. Declarative illocutionary acts are not found in the data. `Praise` is the most found function. This function indicates Yang Hongying`s effort to give an example for readers, especially children, how to respect other people by giving them praise or compliments.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Michelle Marchiavanny Pietersz.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 78 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-645014063 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20507917