:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pernikahan usia muda perempuan keturunan Arab Empang Bogor = Early marriage of young women of Arab descent in Empang Bogor

Qonitah; Apipudin, supervisor; Suranta, examiner; Fauzan Muslim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini membahas pernikahan di usia muda yang dilakukan oleh perempuan keturunan Arab di Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan perempuan keturunan Arab yang menikah pada usia muda. Masalah penelitian ini adalah faktor apa yang menjadi pendorong perempuan keturunan Arab di Bogor memutuskan untuk menikah di usia muda dan dampak apa yang timbul dari keputusan menikah di usia muda pada perempuan keturunan Arab di Bogor. Penelitian menemukan faktor pendorong pernikahan muda dan dampaknya. Faktor  pendorongnya antara lain, adanya faktor persepsi dan motivasi yang dimiliki narasumber, adanya peran keluarga, dan adanya faktor religiusitas. Dampak pernikahan muda dibagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif yang dirasakan oleh ketiga narasumber adalah mereka terbebas dari perilaku zina atau perilaku seksual pranikah dan pernikahan mengubah kepribadian narasumber menjadi lebih dewasa dan mandiri. Selain itu, dampak negatif dari menikah muda adalah hilangnya kesempatan untuk mendapatkan ilmu di sekolah formal.
This study discusses about marriage at a young age carried out by young women of Arab descent in Bogor. The method used in this study is a qualitative research method. The data collection methods obtained from the results of in-depth interviews with young women of Arab descent who married at a young age. The main focus of this research has risen two research questions, the factors that affect young women of Arab descent in Bogor to decide to marry at a young age and the impact arises from the decision to marry at a young age for young women of Arab descent in Bogor. According to the exploration of this study, there are several factors causing early marriage and its effects: the contributing factors include the perception and motivation factors of the informants, the role of the family, and the role of religiosity. Based on the analysis of this study, it has found that early marriage has positive and negative impacts. On the positive side felt by the three informants, they are free from adultery or premarital sexual behavior and marriage itself changes the personality of the informants to become more mature and independent, while the negative side of early marriage impacts the loss of opportunities to gain knowledge in formal school.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Qonitah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-791706345 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508232