:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Neologisme dalam Kamus Larousse Tahun 20018 & 2019 = French Neologisms in Larousse Dictionary of 2018 & 2019

Amelia Wahyu Julisdianti; Danny Susanto, supervisor; Myrna Laksman-Huntley, examiner; Risnowati Martin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Kamus Larousse merupakan salah satu kamus utama berbahasa Prancis yang digunakan secara luas. Setiap tahunnya, Larousse akan menerbitkan kamus edisi terbarunya dengan penambahan sekitar 150 kata baru. Kemunculan kata baru dalam sebuah bahasa biasa dikenal dengan fenomena neologisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi bagaimana neologisme yang ditemukan dalam Larousse edisi tahun 2018 dan 2019 terbentuk. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dipaparkan oleh Lehmann & Martin-Berthet (1999) dan Grevisse, M., & Goosse, A. (2007) mengenai empat proses pembentukan kata dalam bahasa Prancis, yakni derivasi, komposisi, siglaison, dan, troncation. Kata baru yang masuk di dalam kamus juga dipengaruhi oleh bahasa asing lain sehingga penelitian ini juga menggunakan teori mengenai peminjaman kata dari bahasa lain dan faktor peminjaman yang dipaparkan oleh Haspelmath & Tadmor (2009). Data yang digunakan bersumber dari brosur digital yang diterbitkan Larousse untuk tujuan promosi dan memuat daftar kata baru  kamus edisi terbarunya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kata-kata baru yang muncul dalam kamus Larousse tahun 2018 dan 2019, terdiri dari dua kategori yaitu, (1) kata baru yang terbentuk melalui proses pembentukan kata dalam bahasa Prancis, (2) kata baru yang terbentuk melalui proses peminjaman kata. Ditemukan bahwa komposisi mendominasi pembentukan neologisme yang ditemukan kemudian diikuti oleh proses derivasi. Hal ini terkait dengan komposisi yang lebih mudah untuk diciptakan dibandingkan dengan derivasi. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan penemuan formulasi pembentukan kata yang belum dipaparkan oleh Lehmann & Martin-Berthet atau Grevisse, yaitu dengan menggunakan nom propre sebagai kata dasar. 

Larousse is one of the most important and widely used French language dictionary that annually releases its new edition with the addition of on average 150 new words. The emergence of new words known as the phenomenon of neologism. The aim of this study is to identify how new words or neologisms in Larousse dictionary edition of 2018 and 2019 were formed. The analysis essentially uses the combination of theories of Lehmann & Martin-Berthet (1999) and Grevisse, M., & Goosse, A. (2007) on four types of word formation: derivation, composition, siglaison (acronym), and troncation (clipping).  neologisms is often influenced by foreign language and therefore additional theory on borrowing words from other languages and lending factors introduced by Haspelmath & Tadmor (2009) is also used. Data was collected from Larousse dictionary’s digital press kit, served to promote their latest edition and to highlight the new words added in the dictionary. The study indicates that the new words in Larousse edition of 2018 and 2019 can be categorized into two groups (1) First group of neologisms that are formed by the process of word-formation and (2) neologisms that are formed through loan words Composition dominates the process of neologisms, followed by derivation. This relates to composition’s formation that is considered less complicated in terms of grammar than derivation.  An interesting finding is that based on data analysis there is type of word formation with nom propre as a base word which has not been discussed by Lehmann & Martin-Berthet or Grevisse in their theories.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Amelia Wahyu Julisdianti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 19 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-36654493 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508585