:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemilihan tempat open mic stand-up comedy berdasarkan karakteristik penonton = Determination of open mic places according to the characteristics of stand-up comedy-goer.

Devan Yulio Setiawan; Widyawati, supervisor; Hafid Setiadi, examiner; Nurrokhmah Rizqihandari, examiner; Ratri Candra Restuti, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Stand-up comedy adalah bentuk pertemuan dimana seorang pemain tunggal berdiri, berperilaku dengan mengatakan hal-hal lucu secara langsung ke penonton. Untuk meningkatkan kualitas pertunjukkan, komunitas stand-up comedy secara rutin mengadakan acara open mic. Open mic menjadi salah satu alternatif hiburan baru di bidang komedi. Penonton open mic bisa datang dari berbagai tempat, dengan selera dan motivasi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola spasial pemilihan tempat menonton open mic berdasarkan karakteristik penonton. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara melalui telepon dengan penonton yang telah datang ke lebih dari satu tempat open mic. Analisis dilakukan dengan mengkategorikan jawaban informan sesuai dengan kode yang telah ditetapkan berdasarkan teori Caldwell (2001) sebagai dasar untuk menentukan motivasi penonton. Karakteristik penonton yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan lokasi menonton adalah status pekerjaan. Mereka yang belum bekerja bisa menonton di berbagai tempat. Sedangkan mereka yang sudah bekerja, cenderung memilih lokasi yang terdekat. Tempat open mic yang disukai tergantung pada motivasi menontonnya. Mereka yang menonton untuk berhibur dan mencari teman, lebih memilih tempat dengan tata letak ruang pertunjukkan berpanggung sehingga mudah fokus pada yang ditonton. Sedangkan mereka yang memiliki motivasi untuk menambah pengetahuan lebih mementingkan audio yang baik tanpa perlu panggung sebagai pusat pertunjukkan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa karakteristik dan motivasi penonton menentukan lokasi tujuan menonton open mic.

Stand-up comedy is a performance which a single performer stands up, behaves by saying funny things directly to the audience. To improve the quality of shows, the stand-up comedy community routinely holds open mic events. Open mic is one of the new entertainment alternatives in the field of comedy. The purpose of this study was to determine the spatial pattern of open mic venue selection based on audience characteristics. Data collection is done by conducting telephone interviews with informants who have come to more than one open mic venue. The analysis was carried out by categorizing the informants's answers according to the code set based on Caldwell's (2001) theory as a basis for determining audience motivation. The characteristics of the audience that influence the decision making of viewing locations are job status. Those who haven't worked can attend in various places. Meanwhile, those who are already working tend to choose the closest location. The preferred open mic location depends on the motivation. Those who watch to entertain and find friends, prefer a place with a stage so it is easy to focus on the performers. Meanwhile, those who have the motivation to increase their knowledge prioritize good audio. The conclusion of this study shows that the characteristics and motivation of the audience determine the destination to watch open mic.

 File Digital: 1

Shelf
 Pdf-Devan Yulio Setiawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 75 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-246792896 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508609