:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan praktik perawat dalam pencegahan dan pengendalian tuberkulosis di rumah sakit x di Jakarta = The relationship between knowledge and attitude with the practice in control and prevention of tuberculosis in x hospital Jakarta

Juang Arco Tangkas; Cut Sarida Pompey, supervisor; Muhamad Adam, examiner; Masfuri, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Pencegahan dan pengendalian infeksi TB (PPI TB) bertujuan untuk mengurangi penularan TB dalam melindungi petugas kesehatan, pengunjung serta pasien dari penularan TB di rumah sakit. Perlu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan praktik PPI TB sehingga dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kompetensi dan praktik perawat dalam PPI TB agar dapat menjadi pemutus mata rantai penyebaran TB. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan tujuan meneliti korelasi antara pengetahuan dan sikap dengan praktik perawat dalam PPI TB. Responden pada penelitian ini adalah perawat di RSUD Pasar Minggu yang diambil dengan metode total sampling sejumlah 156 perawat, instrumen yang digunakan adalah kuesioner KAP TB dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan signifikasi 0,05. Hasil uji bivariat menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan sikap (p value 0,049) dan ada hubungan pengetahuan dengan praktik (p value 0,012) namun tidak ada hubungan antara sikap dengan praktik (p value 0,628). Hasil penelitian menunjukan sebagian responden memiliki tingkat pengetahuan dan sikap yang baik, dan hampir seluruh responden memiki nilai praktik yang baik.

TB infection prevention and control aims to reduce TB transmission in a population and protect health workers, visitors and patients from TB transmission in hospitals. It is necessary to know the relationship between knowledge and attitudes with the practice of PPI TB so that it can become a reference in improving the competence and practice of nurses in TB infection prevention and control and to break the chain of TB spread. This study used a cross sectional approach with the aim of examining the correlation between knowledge and attitudes with the practice of TB infection prevention and control PPI TB. Respondents in this study were nurses at Pasar Minggu Hospital who were taken with a total sampling method of 156 nurses, the instrument used was the KAP TB questionnaire with univariate and bivariate analysis using the chi square test with a significance of 0.05. The results of the bivariate test showed a relationship between attitude knowledge (p value 0.049) and knowledge with practice (p value 0.012) and there was no relationship between attitude and practice (p value 0.628). The results showed that most respondents had a good level of knowledge and attitude, and almost all respondents had the value of good practice.

 File Digital: 1

Shelf
 Pdf-Juang Arco Tangkas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 62 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-15664100 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508789