:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

KONFLIK BATIN DAN SIKAP NARIMA (Studi Kasus Novel Pinesthi Karya R.Ngt. Suisdiyati Sarmo) = INNER CONFLICT AND NARIMA ATTITUDE (Case Study Novel Pinesthi by R. Ngt. Suisdiyati Sarmo)

Wina Septiana; Nanny Sri Lestari, supervisor; Hari Prasetiyo, examiner; Dwi Woro Retno Mastuti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Cerita atau novel merupakan satu bentuk rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan kronologi kejadian. Tentu saja kejadian tersebut merupakan kejadian imitasi yang terkadang diilhami dari kejadian yang sebenarnya atau benar-benar tidak ada dalam kehidupan nyata. Novel tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga sebagai sarana pendidikan. Dalam penelitian ini masalah yang akan diangkat adalah permasalahan intrinsik dalam novel Pinesthi karya R.Ngt. Suisdiyati Sarmo (2013). Dalam novel ini terdapat peristiwa yang mendukung alur cerita dan respon tokoh dalam menghadapi peristiwa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data yang dipergunakan adalah data dari dalam karya sastra tersebut. Data yang diperoleh dalam karya sastra tersebut menempuh prosedur pengolahan data dan dari hasil pengolahan data tersebut dibuat interpretasi terhadap tema, makna dan pesan yang ada dalam cerita. Tujuan penelitian untuk membongkar hal yang dipaparkan dalam novel tersebut. Dalam hasil penelitian terlihat bahwa tokoh utama kendati tokoh utama menunjukkan sikap narima tapi ternyata tokoh tersebut menyimpan banyak sekali konflik batin dalam cerita. Hal ini yang menunjukkan bahwa sikap narima ternyata dibaliknya memiliki konflik batin yang dalam.

Kata kunci : Batin; Konflik batin; Sikap narima


 


A story or novel is a series of events arranged in chronological order. The particular event is an imitation event that sometimes is inspired by an actual event and/or an event that does not exist in real life. Other than entertainment purpose, novel can also be a tool for education. In this research, the problem is focused on the intrinsic aspect in a novel called Pinesthi by R.Ngt. Suisdiyati Sarmo (2013). In this novel there are events that support the storyline and the response of characters in dealing with particular events. The method used in this study is a qualitative method, the data used are data from the novel itself. The data obtained in the literary work is processed through data processing procedure and the results are used for creating interpretations of the themes, meanings and messages in the story. The purpose of this research is to dig into the things described in the novel. The results of the study shows that even though the main character indicates the attitude of narima, turns out the character has a lot of inner conflicts in the story. This shows that the attitude of narima turns to have deep inner conflict.

Keyword: Inner; Inner conflict; Narima attitude

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Wina Septiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 21 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-51775294 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508873