Fatherless adalah ketiadaan peran dan figur ayah dalam kehidupan seorang anak. Seseorang yang merasakan fatherless akan kehilangan peran-peran penting ayahnya yang akan berdampak pada karakter dan perilaku anak. Dampak-dampak fatherless sering kali mengakibatkan anak kecanduan internet dan memiliki keinginan bunuh diri. Hal tersebut dapat membuat anak mengalami kesulitan belajar yang akan mempengaruhi nilai akademis anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak-dampak signifikan yang disebabkan oleh fatherless; dampak-dampak fatherless yang mengakibatkan kecanduan internet dan keinginan bunuh diri; serta untuk mengetahui diantara faktor kecanduan internet dan keinginan bunuh diri, faktor mana yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa/i SMAN ABC Jakarta. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Data yang digunakan merupakan data primer dengan sampel penelitian adalah siswa/i dari 3 kelas 10 dan 3 kelas 11 SMAN ABC Jakarta. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dampak-dampak yang signifikan disebabkan oleh fatherless pada siswa/i di SMAN ABC Jakarta adalah faktor kesepian, depresi dan harga diri; dampak-dampak fatherless yang mengakibatkan kecanduan internet pada siswa/i di SMAN ABC Jakarta adalah faktor kesepian dan depresi; dampak-dampak fatherless yang mengakibatkan keinginan bunuh diri pada siswa/i di SMAN ABC Jakarta adalah faktor depresi; serta kesulitan belajar pada siswa/i di SMAN ABC Jakarta dipengaruhi oleh faktor kecanduan internet dan keinginan bunuh diri.
Fatherlessness is the absence of the role and figure of father in the life of a child. Someone who experiences fatherless-ness would lose important roles of their father which will have an impact on the character and behavior of children. Fatherless effects often result in children becoming addicted to the internet and having suicidal tendencies. This can cause learning disabilities in children that would affect the academic grades of children. The purposes of this research are to find out the significant impacts caused by fatherlessness; fatherless impacts that result in internet addiction and suicidal tendencies; and to find out among factors of internet addiction and suicidal tendencies, which factors influence learning disability in students at ABC High School Jakarta. The method used is Partial Least Square (PLS). This research used primary data with a research sample of students from 3 classes of 10th graders and 3 classes of 11th graders in ABC Senior High School Jakarta. The results obtained from this research shows that significant factors impacted by fatherlessness on students in ABC Senior High School Jakarta are loneliness, depression and low self-esteem; the fatherless effects that cause internet addiction in students of ABC High School Jakarta are factors of loneliness and depression; the fatherless effects that cause suicidal tendencies in students of ABC High School Jakarta are depression factors; and learning disability in students of ABC High School Jakarta are influenced by internet addiction and suicidal tendencies factors. |