:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang menjelaskan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba pada siswa SMAN ABC Jakarta = Factors explaining the tendency of using drugs in SMAN ABC Jakarta students

Galuh Wiji Rahayu; Rianti Setiadi, supervisor; Saskya Mary Soemartojo, supervisor; Dian Lestari, examiner; Mila Novita, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Narkoba adalah salah satu obat-obatan yang seringkali digunakan di dalam dunia kedokteran sebagai obat bius karena memiliki efek penenang dan penahan rasa sakit. Efek-efek tersebut merupakan salah satu alasan yang mengundang banyak orang untuk mencoba dan menggunakan narkoba di luar indikasi medik. Penggunaan narkoba tanpa pengawasan memiliki akibat yang sangat buruk, mulai dari ketergantungan hingga munculnya penyakit-penyakit yang mengakibatkan kematian. Peredaran narkoba yang sulit dideteksi mengakibatkan narkoba mudah dijangkau oleh semua kalangan, tidak terkecuali pelajar, mulai dari SMA hingga perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, penulis akan mengidentifikasi faktor-faktor yang menjelaskan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba pada siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta. Penulis juga akan melihat pola hubungan antara tingkat kecenderungan pemakaian narkoba dan faktor-faktor lain yang signifikan. Data yang digunakan merupakan data primer yang berjumlah 198 responden dari tiga kelas di tingkat 10 dan 11 di SMA Negeri ABC Jakarta. Metode yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan analisis korespondensi berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat tiga faktor yang menjelaskan secara signifikan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba pada siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta, yaitu kecenderungan minum minuman keras, loneliness, dan lingkungan sosial. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta dengan kecenderungan pemakaian narkoba yang tinggi memiliki kecenderungan minum minuman keras yang tinggi dan berasal dari lingkungan sosial yang buruk. Selain itu, siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta dengan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba yang rendah cenderung memiliki tingkat loneliness yang rendah.

Illegal drugs are a set of substances which are typically used in medical purposes as anesthesia due to its calming and painkiller effects. These effects are one of the reasons people are allured to try and use illegal drugs without medical prescription. The usage of illegal drugs without supervision has severe effects, from addiction to life-threatening diseases. Illegal drugs distribution which are hard to be detected will cause illegal drugs to be easier reached by everyone, including students, from high school to university. On this research, author will identify factors explaining the tendency level of illegal drug usage on SMA Negeri ABC Jakarta students. Author will also observe relational pattern between tendency level of illegal drug usage and other significant factors. The data used is primary data totaling 198 respondents from three classes in grade 10th and 11th in SMA Negeri ABC Jakarta. The method used is Partial Least Square (PLS) and double correspondent analysis. This research found that there are three significant factors affecting the tendency level of illegal drugs usage in SMA Negeri ABC Jakarta students, namely alcohol usage, loneliness, and environment tendencies. This research also found that SMA Negeri ABC Jakarta students with high tendency level of illegal drugs usage have high tendency in drinking alcohols too and are from bad social environment. Moreover, SMA Negeri ABC Jakarta students with low tendency in illegal drugs usage has a low loneliness levels.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Galuh Wiji Rahayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 83 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-58068113 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20510054