:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Memenangkan tiap pertempuran: propaganda dalam pemberitaan perang Pasifik dalam New York Times dan Asia Raya (1943 – 1945) = Winning every battle: propaganda in news articles about battles in the Pacific war in New York Times and Asia Raya (1943 – 1945)

Muhammad Arkan; Susanto Zuhdi, supervisor; Linda Sunarti, examiner; Dwi Mulyatari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana surat kabar New York Times (milik Amerika Serikat) dan Asia Raya (milik pemerintah militer Jepang di Indonesia) memberitakan pertempuran-pertempuran di Perang Pasifik dengan unsur-unsur propaganda. Terdapat beberapa penelitian sebelumnya yang mengulas propaganda dan juga surat kabar Asia Raya, seperti seperti skripsi tahun 2003 oleh R.A Soffie Andriani Hadi yang berjudul Propagana Politik Jepang di Jawa Melalui Foto dan Teks Berita dalam Surat Kabar Asia Raja (1942 – 1945). Namun, Penelitian-penelitian ini namun memiliki fokus yang berbeda, belum ada penelitian yang fokus membahas berita-berita mengenai perang pasifik ataupun membandingkannya dengan media AS, sebagai media sejaman. Penelitian ini akan mengulas teknik-teknik yang digunakan oleh masing-masing surat kabar dalam memberitakan peristiwa yang sama (sesuai dengan teori-teori pers propaganda), serta menyesuaikan berita-berita tersebut dengan kejadian sesungguhnya. Dari analisis ini, ditemukan berbagai persamaan dan perbedaan, mulai dari penampilan data dalam berita dan juga dalam penggunaan kata, serta pembuktian adanya unsur-unsur propaganda dalam berita-berita ini seperti melebih-lebihkan dan mengagungkan satu pihak, atau meremehkan, sehingga berita tidak hanya menampilkan informasi seadanya.

This article aims to compare how the New York Times (owned by the United States) and Asia Raya (owned by the Japanese military government in Indonesia) uses propaganda elements in articles regarding the battles in the Pacific War. There have been several previous studies which examined propaganda and also the Greater Asia newspaper, such as the 2003 thesis by R.A Soffie Andriani Hadi titled Propagana Politik Jepang di Jawa Melalui Foto dan Teks Berita dalam Surat Kabar Asia Raja (1942 – 1945). However, these studies however have a different focus, there is no research that focuses on discussing news about the pacific war or comparing it with US media, as contemporary media. This research will review the techniques used by each newspaper in reporting the same event (in accordance with the theories of press propaganda), and compare the news to the actual events. From this analysis, various similarities and differences are found, ranging from the appearance of data in the news and also in the use of words, as well as proving the existence of propaganda elements in these news such as exaggerating and glorifying one party, or downplaying, so that the news did not only display information as they were.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Arkan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 34 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-21-59105476 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20510561